Dokumentasi Musgamsus Penetapan Calon Penerima BLT Dana Gampong Tahun 2022

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pemerintah Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, Telah Menggelar musyawarah gampong khusus (MUSGAMSUS) dalam rangka Penetapan Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  BLT DD  terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Gampong Tahun Anggaran 2022 di Kantor Keuchik Gampong Cot Baroh pada Senin 24 Januari 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Abdul Gani Hasan Keuchik Gampong Cot Baroh yang pada saat itu Keuchik masih Abdul Gani Hasan, M.Isa As selaku Ketua Tuha Peut Gampong beserta Anggota Tuha Peut Gampong, Perangkat Gampong, para Kepala Dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dan tokoh perempuan dan didampingi oleh Pedamping Lokal Desa.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Anggaran Tahun 2022 dan PMK Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa, musdesus ini diagendakan untuk Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Keluarga Penerima Manfaat BLT-Dana Desa Tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Ketua Tuha Peut Gampong Cot Baroh.

Melihat Perpres No 104 Tahun 2021 bahwa Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b ditentukan penggunaan untuk: a. progriam perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen); b. program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 2O% (dua puluh persen); c. dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa; dan d. Program sektor prioritas lainnya.

Berdasarkan Perpres tersebut dapat disimpulkan bahwa dana desa tahun anggaran 2022 untuk kegiatan fisik sangat berkurang. Anggaran dana desa tahun 2022 alokasi yang sudah terlihat sebanyak 68 % yang terdiri dari BLT DD 40%, Ketahanan Pangan 20% dan Penanganan Covid-19 8%. Sisa anggaran kurang lebih 32% salah satunya untuk penanganan stunting dan kegiatan regular lainya,dari hasil musyawarah gampong khusus tersebut, disepakati Penerima BLT Tahun 2022 sebanyak 42 KPM

Untuk selengkapnya bisa dilihat pada Peraturan Keuchik Gampong Cot Baroh Nomor 01 Tahun 2022 Tentang Penetapan Daftar Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Gampong Akibat Dampak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Tahun 2022

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan