Cara Mudah Menginput Usulan Musrenbang Gampong di Aplikasi SIPD

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Program Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah suatu Sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

Dilansir dari bappeda.pidiekab.go.id Data SIPD terdiri dari 8 kelompok data (Data Umum, Sosial Budaya, Sumber Daya Alam, Infrastruktur, Ekonomi, Keuangan daerah, Politik/hukum/Keamanan dan Insidensial), 31 jenis data dan 2691 Elemen data.

Hal ini sebagai diamanatkan dalam Pasal 274 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Manual Book SIPD untuk Usulan  Gampong Ke Kabupaten atau Kota, silahkan di download

Data atau informasi merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta bahan penentu/perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah, karena pada saat ini data-data pembangunan dipandang belum lengkap sehingga diperlukan suatu upaya untuk melengkapi dan senantiasa untuk memperbaruinya dengan pengumpulan data secara bertahap dengan mekanisme merubah dari pola secara manual ke pola elektronik.

Sedangkan SIPD sendiri memiliki manfaat untuk menyediakan data dan informasi yang akurat yang terbaru untuk perencanaan pembangunan daerah, menjadi sistem penunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri dalam pengendalian dan penyerasian pembangunan daerah, menjadi gerbang data dan informasi pembangunan daerah, serta merupakan akses data dan informasi berbagai kepentingan, adapun batas waktu tahapan aspirasi masyarakat – pengisian Usulan Musrenbang Gampong berlangsung dan berakhir tanggal 10-02-2021 pukul 00:00:00 WIB.

Tahapan Input Usulan Tingkat Gampong

  1. Pembuatan user gampong oleh TAPD Bappeda
  2. Membuat kamus usulan oleh TAPD Bappeda
  3. Membuat jadwal input usulan Gampong oleh TAPD Bappeda
  4. Input usulan Gampong oleh Gampong melalui Akun Keuchik
  5. Verifikasi oleh TAPD Bappeda melalui akun kasubbid
  6. Verifikasi oleh Kecamatan melalui akun Kasi PMG
  7. Verifikasi oleh OPD tujuan akun setara kasubbid
  8. Verifikasi oleh TAPD Bappeda
  9. Usulan Disetujui atau ditolak

Langkah Menginput Usulan Tingkat Desa di SIPD

  1.  Masuk Link : https://pidiekab.sipd.kemendagri.go.id/ daerah atau sesuai dengan daerah masing-masing. Dengan menggunakan browser Google Chrome, Mozzila Firefox dengan versi terbaru.
  2. Masuk ke halaman dashboard portal SIPD
  3. Pilih menu sistem informasi pembangunan daerah
  4. Masukan “user” dan “password” masing-masing akun Gampong
  5. Pilih pembangunan tahun 2022 atau tahun depannya.
  6. Setelah terbuka halaman dashboard sistem informasi pembangunan daerah misalnya kab. Pidie, kemudian pilih setrip 3 sebelah kiri lalu pilih usulan pembangunan kelurahan/desa atau Gampong.
  7. Lalu pilih kolom pengajuan desa klik tambah usulan desa atau “+usulan desa” tujuannya untuk menginput usulan desa masing-masing.
  8. Kemudian akan muncul form usulan gampong
  9. Pada form usulan gampong, pilih tujuan pengajuan akan dikirim kemana misal kab./kota atau provinsi.
  10. Pilih jenis usulan yang sudah tersedia beberapa jenisnya.
  11. Kemudian pilih permasalahan, pada kolom ini tulis secara detail isinya seperti contohnya terdapat 2 rumah tidak layak huni dengan rusak berat.
  12. Pilih peta lokasi yang akan diusulkan pembanguan tersebut.
  13. Lalu masukan alamat usulan pengajuan pembangunan tersebut.
  14. Pilih surat proposal jika ada, masukan/upload Surat Proposoal dengan format PDF ukuran masimal 2MB, “Untuk usulan Bankeu Wajib Upload Document Proposal”
  15. Pilih foto lokasi, Pada kolom ini, masukan/upload Foto lokasi yang akan di usulkan “Foto Lokasi usulan wajib diupload” ukuran masimal 2 mb format jpeg, png dan.bmp dan jangan lupa memasukan jumlah anggaran yang diperlukan.
  16. Setelah selesai diisi semua kemudian klik simpan.
  17. Setelah selesai simpan, centang hasil usulan yang akan diajukan.
  18. Kemudian lihat kearah kanan ada tombol lalu klik ajukan usulan
  19. Jika sudah simpan maka usulan akan muncul pada tab pengajuan.
  20. Usulan yang sudah dikirim secara otomatis akan masuk Menu Tab Monitor. Pada tab Monitor, dapat dilihat status usulan yang sudah dikirim.

Terima Kasih,,semoga tulisan ini bermanfaat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan