Kader Teknik Gampong, Sang Lokomotif Pembangunan Gampong

Rapat Musrenbangdes Dalam Rangka Penyusunan RKPG Tahun 2021

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Kader Teknis gampong adalah kader yang mampu membantu keuchik  dalam hal  menyusun rencana anggaran biaya (RAB) program pembangunan gampong.

Kader teknis mempunyai peranan penting dalam membantu pelaksanaan program di gampong. Sehingga, program bisa terlaksana dengan baik dan sesuai peraturan,

Tugas kader teknik gampong antara lain membantu gampong dalam mengidentifikasi kebutuhan prasarana desa/gampong, tujuannya adalah agar gampong tidak tergantung pada pihak ketiga seperti menunggu jasa konsultan sehingga bisa menghemat anggaran gampong.

Tugas lainnya adalah membantu gampong dalam perencanaan penentuan dan mendesain gambar prasarana, membantu perencanaan dengan menghitung kebutuhan anggaran dalam desain kegiatan agar efektif dan efisien dan membantu gampong dalam hal pengawasan kualitas kegiatan prasarana.

Apa dan Siapa itu Kader Teknik Gampong ?

Ada 3 (tiga) suku kata kunci penting tentang itu, yakni :

  • Kader ;
  • Kader Gampong ; dan
  • Kader Teknik Gampong.

1. Makna Kader 

Makna kata ‘kader’ sebagaimana lazim dipahami dalam sebuah organisasi, adalah :

Kader adalah orang yang dibentuk atau diangkat untuk memegang peran penting (orang kunci) dan memiliki komitmen dan dedikasi kuat untuk menggerakkan organisasi mewujudkan visi misi organisasi-nya

2. Makna Kader Gampong

Dalam konteks  Gampong, Kader Gampong adalah :

Kader Gampong adalah “Orang Kunci“ yang mengorganisir dan memimpin rakyat gampong bergerak menuju pencapaian cita-cita bersama. Kader Gampong terlibat aktif dalam proses belajar sosial yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat gampong.

Kader-kader Gampong hadir di dalam pengelolaan urusan gampong melalui perannya sebagai Keuchik anggota Tuha Peut Gampong, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Kader Pembangunan Gampong (Kader Teknik Gampong), tokoh adat; tokoh agama; tokoh masyarakat; tokoh pendidikan; pengurus/anggota kelompok tani; pengurus/anggota kelompok nelayan; pengurus/anggota kelompok perajin; pengurus/anggota kelompok perempuan. Kader Gampong dapat berasal dari kaum perempuan dan laki-laki dalam kedudukannya yang sejajar, mencakup warga desa dengan usia tua, kaum muda maupun anak-anak.

Konsisten dengan mandat UU Desa, keberadaan kader gampong yang berasal dari warga gampong itu sendiri berkewajiban untuk melakukan “upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat gampong”.

3. Makna Kader Teknik Gampong

Kader Teknik Gampong merupakan tenaga ahli dibidang pembangunan infrastruktur yang berasal dari warga/masyarakat gampong. Kader Teknik Gampong adalah “Orang Kunci“ yang mengorganisir dan memimpin rakyat gampong bergerak menuju pencapaian cita-cita bersama dalam bidang pembangunan infrastruktur digampong/pedesaan.

Dengan kata lain, Kader Teknis Gampong adalah lokomotif pembangunan Gampong. Istilah lain untuk menyebut Kader Teknik di Gampong adalah “Kader Teknis Gampong”, “Kader Pembangunan Gampong”, “Perencana Kegiatan Infrastruktur Gampong”, “Tim Verifikasi Kegiatan Infrastruktur Gampong”, atau sebutan lainnya.

Para Kader Teknis (KT) Gampong terlibat aktif dalam proses belajar sosial yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat Gampong, khususnya menyangkut teknik konstruksi di Gampong dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan pembangunan Gampong. Mereka adalah orang-orang yang dianggap mampu memberikan kontribusi nyata di sektor infrastruktur pedesaan yang diangkat oleh Keuchik

Ini hampir mirip dengan KPMD, hanya bedanya KT di gampong lebih fokus pada bidang pembangunan gampong. Sedangkan KPMD lebih fokus pada bidang pemberdayaan gampong. Kedua-duanya saling bersinergi. Meskipun sekali lagi, bahwa kader-kader gampong tidak sebatas Kader Teknik dan KPMD.

Dalam pengamatan kami di beberapa desa yang ada, terdapat 2 (dua) model peran dan posisi kader teknik di desa, diantaranya:
Sebagian desa memasukkan kader teknik dalam struktur keanggotaan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)/Tim Pengadaan Barang/Jasa di Desa (TPBJ) atau sebutan lain.

Apa saja Tugas Kader Teknik Gampong?

Kader Teknik Gampong memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) diantaranya:

  • Membantu Pemerintah Gampong dalam merencanakan program/kegiatan/pekerjaan dibidang pembangunan infrastruktur Gampong
  • Membantu melaksanakan program/kegiatan/pekerjaan dibidang pembangunan infrastruktur Gampong
  • Melakukan verifikasi/pemeriksaan dan pengawasan atas rencana maupun realisasi program/kegiatan/pekerjaan dibidang pembangunan infrastruktur Gampong

Contoh tugas-tugas dari Kader Teknik yang biasa ditemui seperti :

  • Mempersiapkan/menyusun/membuat design gambar rencana teknik kegiatan maupun gambar purna laksana
  • Melakukan analisa perhitungan volume pekerjaan fisik,
  • Menyusun rencana anggaran biaya (RAB) bidang pembangunan infrastruktur Gampong
  • Dapat menjadi anggota TPK/TPBJ untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan infrastruktur Gampong/sarana dan prasarana di Gampong
  • Dapat menjadi anggota Tim verifikasi RPJM Gampong untuk membantu melakukan verifikasi/pemeriksaan rencana program/kegiatan di Gampong
  • Membantu melakukan pemeriksaan (verifikasi) atas dokumen RKP Gampong yang berkaitan dengan bidang infrastruktur perdesaan
  • Membantu Pemerintah Gampong melakukan pemeriksaan (verifikasi) dan pengawasan lapangan atas hasil kegiatan/pekerjaan dari tahap perkembangan sampai pada tahap akhir kegiatan.
  • dan lain-lain

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan