Pagu Dana Gampong di Pidie Capai Rp 717 Miliar

GAMPONG COT BAROH – Pagu indikatif dana gampong yang diterima Kabupaten Pidie untuk tahun anggaran 2020 mencapai Rp 717 miliar lebih. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya Rp 612 miliar.

Pagu indikatif tersebut bersumber dari Dana Gampong, Alokasi Dana Gampong yang dialokasikan pusat melalui kas daerah, dari pajak daerah, dan bagi hasil retribusi yang diterima kabupaten.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie untuk Gampong tertinggi mendapat alokasi anggaran yaitu Gampong Mane, Kecamatan Mane sebesar Rp 2,5 milair lebih. Sementara gampong terendah adalah Gampong Mee, Kecamatan Pekan Baro sebesar Rp 887 juta lebih.

Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) mengingatkan kepada geusyik agar dana gampong tidak hanya diperuntukan untuk kegiatan fisik saja setiap tahun namun juga harus dimanfaatkan untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

“Untuk apa bangunannya bagus tetapi kualitas dan mental masyarakatnya rendah,” kata Abusyik usai menyerahkan pagu Indikatif dana gampong secara simbolis kepada Keusyik di gedung Pidie Convention Center (PCC), Kamis (16/1).

Penggunaan anggaran gampong, lanjut Abusyik, juga harus berdasarkan peraturan perundang-undangan sehingga tidak bermasalah dengan hukum.

Sumber : www.ajnn.net

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan