Masuki Pertengahan Desember, tak Satu pun Gampong di Pidie Cairkan DD tahap III

Kabar Gampong Kabar Keuangan

GAMPONG COT BAROH – Meski sisa waktu tahun anggaran 2019 tinggal 19 hari lagi, tak satupun dari 730 gampong di Pidie yang telah mencairkan dana desa tahap III. Kepala Bidang Mukim dan Gampong pada Dinas Pemberdayaan Mukim dan Gampong Pidie, Munandar SSTP, mengatakan, salah satu alasan seretnya pencairan dana desa tahap III karena laporan penggunaan dana desa tahap I dan II juga terlambat dilaporkan oleh 730 gampong di Pidie.

“Sekarang sedang dalam proses penyaluran dana tahap ketiga. DPMG pada prinsipnya memfasilitasi agar dana tersebut sesegera mungkin dapat dicairkan agar tidak terhambat pembangunan di gampong. Selain itu, kami juga berharap, proses transfer dari Bank Aceh ke RKUG itu juga harus sesegera mungkin jangan sampai berhari-hari,” kata dia, Rabu, 11 Desember 2019 pada sinarpidie.co.

Berdasarkan data per 10 Desember 2019, sebut Munandar, dari 730 gampong di Pidie, berkas usulan pencairan dana desa tahap III 406 gampong saat ini telah berada pada Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (BPKK) Pidie. Sementara, berkas usulan 237 gampong lainnya masih dalam tahapan verifikasi DPMG dan 87 berkas di antaranya di kantor camat masing-masing gampong.

Munandar menjelaskan, syarat pengusulan dana desa tahap ketiga harus didahului dengan penyampaian laporan penggunaan dana desa tahap I dan II dengan persentase 75 persen atau 500 gampong dari 730 gampong di Pidie.

“Setelah itu, DPMG menyerahkan laporan penggunaan dana desa tahap 1 dan II ke BPKK Pidie, lalu BPKK menyerahkan SPPD ke Bank Aceh. Selanjutnya Bank Aceh mentranfer ke RKUG masing-masing gampong,” kata dia menjelaskan.

Kepala BPKK Pidie, Mustafa SE MSi mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan SPPD pencairan dana desa tahap III berdasarkan semua berkas yang telah diusulkan DPMG.

“Prosesnya sudah mulai berjalan dan beberapa SPPD sudah dikeluarkan,” kata Mustafa, Rabu, 11 Desember 2019.

Sumber : https://sinarpidie.co/news/masuki-pertengahan-desember-tak-satu-pun-gampong-di-pidie-cairkan-dd-tahap-iii/index.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *