Cegah Stunting, TPID Geulumpang Tiga Gelar Pelatihan PSDM

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Mencegah stunting, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Geulumpang Tiga menggelar pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).

Pelatihan PSDM bersama kader dan Perangakat Gampong (18/9) yang dibuka oleh Camat Kecamatan Geulumpang Tiga Drs. Ishak dalam sambutanya mengatakan masalah penanganan stunting adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk mengurangi atau pemberantasan pada stunting.

Kegiatan pelatihan PSDM dihadiri oleh 68 orang yang terdiri dari kader dan perangkat gampong dari 34 gampong se Kecamatan Glumpang Tiga, yang diadakan selama dua hari 18 s/d 19 September di Gedung BKKBN Kecamatan Glumpang Tiga.

Ketua TPID Glumpang Tiga, Muslim mengatakan, Pencehan dan penanganan stunting telah menjadi isu Nasional dimana semua pihak untuk dimintak terlibat pencehan dan penanganan stunting dengan barbagai program yang telah dikembangkan oleh pemerintah.

Pencegahan dan penanganan stunting menuntut sebagai konvegensi pengeloaan kegiatan, program dan layanan masyarakat untuk pencegahan dan penanganan stunting perlu dipastikan terjadi di gampong agar dapat di akses oleh masyarkat atau kelompok sasaran pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) menjadi prioritas utama dalam pencehan dan penanganan stunting.

Kelompok sasaran perlu dipastikan dapat mengakses lima layanan utama penanganan stunting yaitu ialah kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi terpadu yang terintegrasi, sanitasi dan air bersih, jaminan sosial dan pendidikan anak usia dini, tutup Muslim.

Para Pelatih terdiri dari dari Tenaga Ahli (TA), Dokter Pukesman Glumpang Tiga dan Pendamping Desa (PD).

Pelatih dari Pukesman Glumpang Tiga mempresentasikan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Stunting.

Sementara, Pelatih dari Tenaga Ahli (TA) Satker P3MD Kabupaten Pidie menyampaikan materi terkait peningkatan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Perangkat Desa dalam Upaya Pencegahan Stunting.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan dan kreatifitas kader dan perangkat desa dalam peran serta melaksanakan program pencegahan stunting melalui inovasi desa []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan