Format Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID  -Pelaksanaan Kegiatan Gampong merupakan eksekusi atas kegiatan-kegiatan yang telah tercantum dalam dokumen RKP Gampong yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). Untuk pelaksanaan kegiatan, Kepala Desa menetapkan pelaksana kegiatan dengan Keputusan Keuchik.

Keuchik Gampong Cot Baroh Bersama Tuha Peut Gampong Tinjau Rumah Fakir Miskin (Cot Baroh, 30 Agustus 2019)yang akan direhab tahun 2019 dengan dana desa melalui program dukungan Pelaksanaan Program Pembangunan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni GAKIN

Adapun tugas dari Pelaksana Kegiatan Gampong yaitu membantu Keuchik  dalam tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan kegiatan. Pelaksana kegiatan menyusun rencana kerja bersama Keuchik. Rencana Kerja yang disusun oleh Pelaksana Kegiatan bersama Keuchik harus memuat antara lain:

  • Uraian kegiatan;
  • Biaya;
  • Waktu pelaksanaan;
  • Lokasi;
  • Kelompok sasaran;
  • Tenaga kerja; dan
  • Daftar pelaksana kegiatan

Selanjutnya, semua rencana kerja yang disusun dituangkan dalam Format Rencana Kerja untuk ditetapkan dengan Keputusan Keuchik. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Permendagri No.114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Kepala Desa mengkoordinasikan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Desa yang dilaksanakan oleh perangkat desa dan/atau unsur masyarakat Desa. Baik pembangunan Desa berskala lokal Desa, dan pembangunan sektoral dan daerah yang masuk ke Desa.

Dalam Permendagri 114 dijelaskan juga tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam Pembangunan Gampong seperti; Sosialisasi Kegiatan, Pembekalan Pelaksana Kegiatan, Penyiapan Dokumen Administrasi Kegiatan, Pengadaan Tenaga Kerja dan Bahan/Material, Tahapan Pelaksanaan Kegiatan, Rapat Kerja Pelaksana Kegiatan, Pemeriksaan Kegiatan Infrastruktur Gampong, Perubahan Pelaksanaan Kegiatan, Pengelolaan Pengaduan dan Penyelesaian Masalah, Penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan, dan lain-lain.

Kegiatan Musyawarah Gampong

Dalam bacaan kali ini, kita mencoba ulang kaji sedikit seputar Paragraf 6 Pasal 79 dan 80 berkaitan dengan Penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan.

Barangkali posting ini menjadi bahan evaluasi bagi pelaksana kegiatan gampong di tahun 2019. Apakah penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya sudah mengikuti peraturan ini atau berpedoman kepada peraturan lain yang berlaku di masing-masing kabupaten/kota.

Dalam Pasal 79 jelas disebutkan, Pelaksanan kegiatan Gampong menyampaikan laporan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Keuchik. Penyampaian laporan disesuaikan dengan jenis kegiatan dan tahapan penyaluran dana kegiatan.

Laporan kegiatan disusun berdasarkan pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana yang diterima dan tahapan perkembangan pelaksanaan kegiatan.

Dalam Pasal 80 jelaskan, bahwa Format Laporan Hasil Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Desa, dilampiri dengan dokumen sekurang-kurangnya:

  • Realisasi Biaya berserta lampiran bukti-bukti pembayaran;
  • Foto kegiatan infrastruktur Gampong mulai dari 0%, 40%, dan 100% yang dari sudut pengambilan yang sama;
  • Foto yang memperlihatkan orang sedang bekerja dan/atau melakukan kegiatan secara ramai-ramai;
  • Foto yang memperlihatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan pembangunan Gampong;
  • Foto yang memperlihatkan pembayaran upah secara langsung kepada tenaga kerja kegiatan pembangunan Gampong, dan
  • Gambar purna laksana untuk pembangunan infrastruktur Gampong

Berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan gampong. Selanjutnya, Keuchik menyusun laporan penyelenggaraan pemerintahan Gampong dan menyampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau Tuha Peut Gampong dalam Musyawarah Gampong.

Untuk lebih jelas, silahkan dibaca peraturannya dan diterjemahkan bunyi pasal per pasal. Donwload disini Permendagri No.114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan