Fungsi Paraf Kecil di Sebelah Kiri Tanda Tangan Keuchik yang Jarang Diketahui

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Setiap surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu organisasi kelembagaan membutuhkan tandatangan pemegang kekuasaan atau kewenangan lembaga itu sendiri.

Tanda Tangan

Ini adalah alur dimana telah diatur dalam undang-undang.

kadang kita bertanya-tanya apa fungsi dari paraf tersebut. Bukankah sudah ada tandatangan asli.

Bahkan tak jarang kita menemukan dalam satu tandatangan terdapat dua paraf sekaligus dibagian kiri dari nama pejabat yang berwenang.

Ada beberapa surat yang memang mesti ditandatangan plus dibubuhi paraf dari pejabat satu tingkat dibawahnya.

Ini berfungsi untuk ikut bertanggungjawab atas surat tersebut karena tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, paraf juga berfungsi bahwa surat yang dikeluarkan sudah diverifikasi oleh pejabat satu tingkat dibawahnya bahwa surat tersebut sudah benar dalam penulisan.

baca juga : Gampong Tidak Akan Maju, Jika Sekretaris Gampong Tak Paham TUPOKSI

Seperti surat dinas, jika kita menemukan ada bubuhan tanda paraf. Itu artinya pejabat satu tingkat dibawahnya baik secara horizonal maupun vertikal ikut bertanggung jawab serta mengetahui kebenaran surat tersebut.

Begitupun pada lembaga Pemerintah Gampong. Dalam hal ini biasanya yang ikut memaraf setiap surat keluar adalah sekretaris Gampong atau kepala Urusan bidang tertentu.

Nah, jadi kalau kemudian kita meminta tandatangan Keuchik lalu mesti ada paraf terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir dan jangan merasa dipersulit.

Karena itu semua bagian dari tanggungjawab mereka sebagai pemilik kebijakan dan kewenangan.

Sebaliknya, jika dalam surat resmi tanpa ada paraf dibagian kiri nama pejabat tersebut perlu dipertanyakan. Sebab, surat tersebut petanda hanya keuchik  atau pemilik kebijakan tertinggilah yang tahu.

Seperti yang tertulis dalam peraturan pembubuhan naskah dinas dibawah ini.

1. Naskah Dinas sebelum ditandatangani oleh Keuchik harus diparaf terlebih dahulu oleh Sekretaris Gampong untuk ikut bertanggung jawab karena tugas pokok dan fungsinya, disebelah kiri dari nama jabatan Keuchik.

2. Naskah Dinas sebelum ditandatangani oleh Sekretaris Gampong harus diparaf terlebih dahulu oleh Kepala Urusan untuk ikut bertanggung jawab karena tugas pokoknya.

Itulah Fungsi Paraf Kecil di Sebelah Kiri Tanda Tangan Keuchik yang Jarang Diketahui. Semoga bermanfaat. []

di olah dari : www.abdidesa.com

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan