Membuat Akte Kelahiran Orang Dewasa, Begini Caranya

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Membuat akte kelahiran bagi orang dewasa sangat mudah, pengajuan bisa dilakukan di kantor Kecamatan setempat atau Kantor Dispendukcapil Kabupaten Pidie Jl. Prof. A. Majid Ibrahim, Cot Teungoh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh 24112, Email : disdukcapil@pidiekab.go.id

Kantor Dispendukcapil Kabupaten Pidie Jl. Prof. A. Majid Ibrahim, Cot Teungoh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh 24112, Email : disdukcapil@pidiekab.go.id

Untuk orang dewasa yang ingin membuat akte kelahiran tapi terkendala syarat-syarat wajib nya, bisa tetap melaporkan dan membuat akte kelahiran di Dispendukcapil Kabuapten Pidie. Dengan melampirkan beberapa dokumen pendukung yang penting, seperti surat pernyataan lahir dari Keuchik Gampong.

Persyaratan wajib untuk mengurus akte kelahiran dewasa, secara umum hampir sama dengan pembuatan Akta Kelahiran pada umumnya (saat masih anak-anak). Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan :

  1. Formulir F – 201
  2. Foto kopi KTP
  3. Foto Kopi KK
  4. Surat pengantar Keuchik Gampong
  5. Surat kelahiran dari bidan, klinik atau Rumah sakit asli dan foto kopi
  6. Surat nikah orang tua asli dan foto kopi
  7. Surat keterangan saksi 2 orang beserta foto kopi KTP

Lalu bagaimana jika kedua orangtua sudah meninggal dunia dan dokumen seperti KTP serta surat nikah tidak ada, apakah masih bisa membuat akte kelahiran? Jawaban nya tentu bisa.

Sebab pembuatan akte kelahiran dewasa bisa menggunakan dokumen pendukung lain, asalkan pemohon masih memiliki KTP dan KK.

KTP dan KK yang dimaksud adalah yang dimiliki pemohon akte kelahiran, sebab dari situ bisa di lacak oleh pihak Disdukcapil Pidie.
Biasanya dalam sebuah kartu keluarga, terdapat nama orangtua yang dicantumkan pada kolom bawah setelah nama dan keluarga pemilik.

Jika sudah ada nama orangtua, proses pembuatan akte kelahiran semakin mudah. Langkah selanjutnya adalah anda tinggal menyiapkan beberapa dokumen pendukung seperti dibawah ini.

  1. Formulir F – 201
  2. Foto kopi KTP dan KK
  3. Surat pengantar Keuchik
  4. Foto kopi KTP 2 orang saksi
  5. Surat kematian kedua orang tua asli dan foto kopi
  6. Materai 6000

Setelah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan dan membuat foto kopi rangkap 3-4, ikuti langkah berikut jika megurus di Dispendukcapil Kabuapten Pidie. Jadikan satu semua dokumen diatas, kecuali foto kopi KTP saksi []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan