Petujuk Pelakasanaan Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong Tahun 2019 Dalam Kabupaten Pidie

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pendapatan APBG bersumber dari Pendapatan Asli Gampong, Dana Gampong, Alokasi Dana Gampong dan Bagian dari hasil pajak daerah dan retribusi daerah kepada gampong, Bantuan Pemerintah, Perintah Aceh, Pemerintah Kabupaten dan sumbangan pihak ketiga bersifat tidak mengikat dan pendapatan lainya yang sah.

Perencanaaan kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat gampong yang dibiayai dengan APBG harus sesuai dengan kewenangan Gampong dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Pemerintah kabupaten.

Penetapan Penggunaan APBG yang menjadi prioritas kegiatan, anggaran dan belanja Gampong harus disepakati dan diputuskan dalam Musyawarah Gampong.

Musyawarah gampong sebagaiman disebutkan ditas, diselanggarakan dan dipimpin oleh ketua Tuha Peut Gampong yang dikuti oleh Keuchik beserta perangkat gampong, anggota tuha peut gampong dan unsur masyarkat untuk menyepakati hal-hal strategis.

Musyawarah gampong sebagaiman dimaksud si atas dibuktikan dengan undangan, daftar hadir, berita acara musyawarah/notulensi dan dokumentasi.

Unsur masyarakat untuk menyepakati hal-hal strategis seperti disebutkan di atas terdiri dari :

  1. Tokoh Adat:
  2. Tokoh Agama;
  3. Tokoh Masyarakat;
  4. Tokoh Pendidikan;
  5. Perwakilan Kelompok Tani:
  6. Perwakilan Kelompok Nelayan;
  7. Perwakilan Kelompok perajin;
  8. Perwakilan Kelompok Perempuan;
  9. Perwakilan Pemerhati dan Perlindungan Anak;
  10. Dan Perwakilan Kelompok Masyarakat Miskin;

Hasil kepetusan musyawarah gampong sebagaimana dimaksud diatas, sebagai acuran dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Gampong dan Penyusunan APBG.

Baca Juga :  Bupati/Walikota Segera Menyusun Peraturan Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018

Penggunaan dana APBG  untuk pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, Keuchik selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keungan Gampong (PKPKG) membentuk Pelaksana Pengelolaan keungan Gampong (PPKG) dan tim lainya sesuai kebetuhan.

Untuk lebih jelas silahkan baca Peraturan Bupati Pidie Nomor 7 Tahun 2019  Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan belanja Gampong Tahun Anggaran 2019

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan