5 Struktur Pemerintahan Gampong Beserta Tugas dan Fungsinya

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Dalam sebuah gampong dibutuhkan pemerintahan untuk menata dan mengurus setiap hal yang berkaitan dengan gampong. Struktur Pemerintahan Gampong terdiri dari beberapa tingkatan yang setiap tingkatannya memiliki porsinya sendiri. Pemerintah gampong ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk mengatur masyarakat gampong setempat berdasarkan dengan undang-undang yang ada demi mewujudkan pembangunan pemerintah diwilayah gampong.

 

Setiap gampong dikepalai oleh seorang Keuchik yang dibantu oleh jajaran perangkat gampong lainnya dalam mengurus setiap keperluan gampong. Setiap jajaran memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing.

Dengan pembagian tugas diharapkan setiap jajaran pemerintahan agar bisa memaksimalkan kinerjanya. Berikut Struktur Pemerintahan Gampong yang ada beserta tugas dan fungsinya :

1.Keuchik (Kepala Desa)

Menurut Undang Undang desa nomor 6 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 3 kepala desa  adalah pemerintahan desa atau yang disebut dengan nama lain yang dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Bertugas untuk menyelenggarakan pemerintah dan pemberdayaan desa.

2. Tuha Peut Gampong (BPD)

Tuha Peut Gampong adalah lembaga yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk gampong yang ditetapkan secara demokratis berdasarkan kewilayahan. Fungsi dari Tuha Peut adalah membahas dan menyepakati rencana peraturan gampong  bersama Keuchik, menampung dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat, dan mengawasi kinerja keuchik.

3. Sekretaris Gampong

Sekretaris gampong adalah perangkat yang membantu keuchik menjalankan tugasnya. Fungsi sekretaris meliputi menyiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi gampong, membantu persiapan penyusunan peraturan gampong dan bahan untuk laporan penyelenggara pemerintah gampong serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Keuchik.

4. Pelaksana Teknis Gampong

– Kepala Urusan Pemerintah

Bertugas untuk membantu keuchik dalam mengelola administrasi dan perumusan bahan kebijakan gampong. Berfungsi melaksanakan kegiatan berkaitan dengan kependudukan, pertanahan, pembinaan ketentraman, dan ketertiban masyarakat.

– Kepala Urusan Pembangunan

Bertugas untuk membantu keuchik dalam menyiapkan teknis pengembangan ekonomi gampong serta mengelola administrasi pembangunan dan layanan masyarakat. Berfungsi untuk melaksanakan kegiatan administrasi pembangunan, menyiapkan analisa dan kajian perkembangan ekonomi masyarakat serta mengelola tugas pembantuan.

– Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat

Bertugas membantu keuchik mempersiapkan perumusan kebijakan teknis penyusunan program keagamaan dan melaksanakan program pemberdayaan dan sosial kemasyarakatan. Berfungsi melaksanakan hasil persiapan program keagamaan, pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan.

– Kepala Urusan Keuangan

Berfungsi untuk membantu sekretaris gampong mengelola sumber pendapatan, administrasi keuangan, penyusunan APBG dan laporan keuangan gampong. Serta melakukan tugas lain yang diberikan sekretaris.

– Kepala Urusan Umum

Fungsinya untuk membantu sekretaris dalam mengelola arsip gampong, inventaris kekayan gampong, dan administrasi umum. Dan juga sebagai penyedia, pemelihara dan perbaikan peralatan kantor. Serta pelaksana tugas lain yang diberikan oleh sekretaris gampong.

5. Pelaksana Kewilayahan

a. Kepala Dusun

Kepala dusun atau kadus bertugas untuk membantu kepala desa melaksanakan tugasnya di wilayah dusun. Berfungsi membantu kinerja dan melaksanakan kegiatan yang diselenggarakan pemerintah gampong di kawasan dusun dalam mensejahterakan masyarakat.

b. Administrasi gampong

Administrasi gampong adalah kegiatan pencatatan gampong dan informasi penyelenggaraan pemerintah dgampong pada buku administrasi gampong Jenis dan bentuknya menurut peraturan mentri dalam negeri ada 5 yaitu :

  1. Administrasi Umum. Berisi pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan gampong.
  2. Administrasi Penduduk. Berisi pencatatan data dan informasi mengenai penduduk dan mutasi penduduk.
  3. Administrasi Keuangan. Berisi pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan gampong.
  4. Administrasi Pembangunan. Berisi pencatatan data dan informasi pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan.
  5. Administrasi Tuha Peut Gampong. Berisi pencatatan data dan informasi berkaitan dengan TPG.

Struktur Pemerintahan Gampong yang telah dibentuk, ditugaskan dan difungsikan sesuai dengan undang-undang yang telah diatur untuk gampong. Setiap perangkat gampong diharapkan melakukan fungsinya dengan baik. Bisa menata masyarakat dan membangun gampong sesuai dengan pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah pusat.

diolah dari : berdesa.com

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan