GISA Layani 5.006 Dokumen Adminduk

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, Banda Aceh – Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Aceh 2018 yang dipusatkan di Gedung Sultan II Selim Banda Aceh berakhir pada Rabu (19/12), setelah dibuka sejak Senin (17/12) lalu. Tercatat, 5.006 dokumen adminduk direalisasikan kepada ribuan warga yang memanfaatkan layanan gratis selama tiga hari itu.

Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Drs Teuku Syarbaini MSi, melalui Koordinator Humas dan Media Massa GISA, H Nurdin F Joes MM, kemarin, menjelaskan, layanan adminduk itu mulai dari Kartu Identitas Anak (KIA), hingga KTP-el. “Alhamdulillah, even itu terlaksana secara sukses dan animo masyarakat juga sangat luar biasa,” katanya.

Lebih jauh, dirincikan, ada 1.985 anak Aceh, khususnya asal Banda Aceh dan Aceh Besar yang mendapatkan KIA selama event GISA. Selain KIA, ribuan masyarakat Aceh juga menikmati layanan dokumen adminduk lainnya berupa rekam-cetak KTP elektronik (KTP-el) 2.374 orang, akta kelahiran 120, akta kematian 15, kartu keluarga (KK) 428, dan surat keterangan pindah warga negara Indonesia (SKPWNI) 84 orang. “Total jumlah layanan mencapai 5.006 lembar adminduk,” sebutnya.

Ditambahkan dia, GISA Aceh yang dilaksanakan DRKA dan didukung Kemendagri, Disdukcapil Banda Aceh, Disdukcapil Aceh Besar, dan KOMPAK telah memantik animo besar masyarakat. “Indikatornya, dari target layanan hanya 3.000 orang, namun mencapai 5.006 orang,” tukas dia.

KIA menjadi favorit pada event GISA karena pemberlakuannya baru dimulai pada tahun 2016 sesuai Permendagri No 2/2016. Meskipun beberapa kabupaten seperti Abdya, Bener Meriah, dan Simeulue, sudah lebih dahulu melayani KIA, namun Banda Aceh dan Aceh Besar baru memulainya tahun 2019 mendatang.

GISA Aceh sendiri dicanangkan Sekda Drs Dermawan MM, Selasa (18/12), di Anjong Monmata, Banda Aceh. Pada pencanangan itu, Sekda Aceh turut memberikan secara simbolis kepada masyarakat berupa KTP bagi pemula, akta kelahiran, akta kematin, kartu keluarga (KK), dan KIA.

Sumber : aceh.tribunnews.com

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan