Sekgam Cot Baroh Bersama direktur BUMG Mengikuti Workshop Pengembangan Usaha Bidang Telekomunikasi

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, JAKARTA – BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika ) Kemenkominfo RI dan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan ( BP2DK ) menggelar kegiatan FGD dan Workshop pengembangan  usaha bidang telekomunikasi untuk BUMDES / BUMADES  pada hari senin – rabu 12-14 September 2018. Kegiatan yang di ikuti oleh Kepala Desa atau yang mengwakili dan pengurus bumdes dari desa perbatasan dan 3T ini diawali dengan kegiatan FGD pada hari senin 12 /09 bertempat di kantor  BAKTI  Jakarta kemudian dilanjutkan dengan study kasus di PT Bumades Pancamandala di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya pada hari Selasa – Rabu 13-12 /09.

Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie adalah salah satu peserta dalam kegiatan FGD dan Workshop pengembangan  usaha bidang telekomunikasi untuk BUMDES / BUMADES  yang diikuti oleh 10  Desa, diantaranya Gampong Cot Baroh Kec.Glumpang Tiga Kabupaten Pidie – Aceh, Desa Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti – Riau , Desa Kampung Hilir, Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau, Desa Cidaun, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat. Desa Cikadu, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat, Desa Mandalamekar, Kabupaten Tasikmalaya – Jawa Barat, Desa Saonek, Kabupaten Raja Ampat – Papua Barat Kepala Desa Duarato , Desa Sungai Nibung, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Desa Duarato, Kabupaten Belu – NTT dan Desa Malango, Kec. Taluditi Kabupaten Pohuwato – Gorontalo.

Adapun agenda kegiatan dimaksud yang berlangsung di Desa Mandalamekar Tasikmalaya adalah para peserta mendengarkan paparan tentang usaha pengembangan jaringan telekomunikasi dari dirketur PT Bumades Pancamandala Irman Meilandi. Dalam paparannya Irman mengajak para peserta untuk melihat infrastruktur yang sudah dikerjakan oleh PT Bumades Pancamandala.

Sekretaris Gampong Cot Baroh  Safwaturrahman menuturkan kepada gampongcotbaroh.desa.id, sangat bersyukur diundang untuk mengikuti kegiatan ini, bisa bersilaturrahmi ke kantor BAKTI dan Desa Mandelamekar yang mana sebelumnya hanya membaca di internet, Desa Mandelamekar sendiri adalah desa yang pernah mendapatkan penghargaan PBB untuk bidang penghijaun (tanam pohon) sebagaimana yang di beritakan oleh berbagai media arus utama.

Di samping itu Desa Mandalamekar adalah desa pelepor Sistem informasi Desa melalui Gerakan Desa Membangun yang kemudian terus menyebar ke Jawa Tengah hingga sampai ke Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie hingga Cot Baroh memiliki website dengan domain desa.id melalui Program 1000 web gratis Gerakan Desa Membangun pada akhir 2013.

Safwaturrahman menambahkan saat ini Gampong Cot Baroh juga sudah memiliki BUMG bidang Telekomunikasi, namun belum sampai seperti yang dimiliki oleh PT Bumades Pancamandala Desa Mandalamekar, dengan telah mengikuti acara ini dirinya akan mengarahkan pengurus untuk mengembangkan lebih maju lagi BUMG jenis usaha telekomunikasi dan mengajak gampong lain untuk mebangun kerjasama antar kawasan, tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini ditutup dengan penandatanganan draft Perjanjian Kerjasama antara BUMDES dan BAKTI serta penyusunan rencana tindak lanjut untuk tiga tahun ke depan []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan