Masyarakat Mukim Aron Gelar Kenduri Neulop Paya Raoh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Minggu, 30 September 2018 masyarakat Mukim Aron Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie yang terdiri dari Gampong Cot Baroh, Cot Tunong, Krueng Jangko, Krueng Nyong, Simpang, Amud Mesjid, Amud Reudep Melayu, Panjoe Aron, Bili Aron dan Tanoh Mirah Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya mengadakan Kenduri Neulop atau kanduri sawah di hulu irigasi pertanda mudim tanam padi tahun 2018-2019 akan di mulai.

Masyarakat yang berdomisi di sekitaran waduk Paya Raoh mengunjungi Paya Raoh untuk menikmati kenduri neulop yang diselanggarakan oleh Mukim Aron, selain itu anak-anak juga tidak menyiakan kesempat untuk meningmati keindahan alam waduk paya raoh dengan berenang. Waduk paya Raoh sendiri dibangun pada jaman dulu oleh seorang Ulama bernama Tgk Raoh.

Kemudian Tahun 1963, Tgk Abu Daud Beureueh turun gunung dari gerilia perang TII memimpin kerja bakti yang melibatkan 2.000 orang untuk merenovasi bendungan saluran irigasi yang telah dibangun sebelumnya oleh Tgk Raoh. Harapan masyarakat Mukim Aron kepada Pemerintah Pusat, Perintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten  Pidie untuk memperhatikan waduk Paya Raoh sebab setiap tahun setiap ada banjir Paya Raoh mengendap lumpur maka setiap tahun harus ada pemeliharaan kata Ramli A. Razak selaku Pj. Mukim Aron []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan