Desa Broadband Diharapakan Dapat Memajukan Ekonomi Masyarakat Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –  Gampong Cot Baroh yang berada Mukim Aron Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, merupakan sebuah gampong yang lokasinya jauh dari pusat kota dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pidie Jaya, perkebunan rakyat, hingga bukit barisan,

Pada 2013, sejumlah pemuda Gampong Cot Baroh menemukan informasi tentang desa internet di Jawa Tengah, yaitu Desa Melung melalui berita TV Nasional. Mereka termotivasi untuk meniru langkah Desa Melung, yaitu mempromosikan potensi dan produk unggukan gampong melalui internet.

Pemanfaatan internet untuk memajukan gampong sangat dibutuhkan, terlebih Gampong Cot Baroh tengah menata kehidupan bermasyarakat dan pembangunan. Menginjak tahun ke delapan perdamaian Aceh, kondisi Gampong Cot Baroh belum beranjak dari minimnya fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat. Saat konflik meletus di Aceh, Gampong Cot Baroh sempat porak poranda sehingga untuk sejajar dengan daerah lain, upaya percepatan pembangunan sangat diperlukan.

Pada  tahun 2017 berkat kerja keras dari dua pemuda Gampong Cot Baroh, Gampong Cot Baroh masuk dalam program desa broadband terpadu bersama dengan  221  lainya se Indonesia, melalui program desa broanband ini  Kantor  Desa atau Kantor Keuchik dilengkapi dengan fasilitas jaringan atau  akses internet, perangkat akhir pengguna dan aplikasi yang sesuai dengan karakteristik penduduk setempat yang dibiayai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI)

Gampong  dengan pengembangan desa broadband, internet diharapkan dapat memajukan pengembangan masyarakatnya melalui jalur internet salah satunya pengembangan ekonomi dengan memanfaatkan internet sebab para praktisi IT mengatakan kalau Teknologi Informasi (IT) diarahkan dalam hal positif, 1 % perkembangan Teknologi akan menumbuhkan 14 % lebih pertumbuhan ekonomi, oleh sebab itu mari para pemuda/i  Gampong Cot Baroh untuk belajar menggunakan internet se positif mungkin.

Berikut ini redaksi telah merangkumkan enam jenis peluang bisnis online rumahan tanpa modal yang di kutip dari Kompas.com

1. Jadi Pengiklan Website (Ads Publisher)

Bisnis online rumahan yang tidak membutuhkan modal banyak adalah menjadi seorang pengiklan website. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah, bahkan tidak membutuhkan modal yang banyak. Saat ini semakin banyak orang yang menggeluti bisnis pengiklan website. Sebab bisnis ini dirasa simpel dan menguntungkan.

Anda bisa membuat website dengan konten yang menarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan target pembacanya agar tidak salah sasaran. Dalam website nantinya, bisa ditambahkan iklan atau ads. Tentu dari iklan tersebut bisa didapatkan uang yang lumayan banyak.

Pastikan jika memiliki jumlah visitor signifikan pada website Anda agar nantinya pihak yang ingin produknya diiklankan mau agar iklannya dipasang di website tersebut.

2. Sebagai Pembangun List (List Building)

Bisnis online yang kedua adalah membuat list building. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya saja Anda membutuhkan sebuah ketelitian yang benar-benar baik. Dalam bisnis ini Anda akan bermain dengan data, dan umumnya pelaku bisnis ini banyak dicari oleh perusahaan. Dan data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor WhatsApp, BBM, dan list tersebut juga bisa dikelompokan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

3. Memasarkan Produk sebagai Affiliate Marketer

Bisnis dengan minim modal lainnya adalah menjadi affiliate marketer. Bisnis ini sebenarnya berhubungan dengan list building dan bisnis ini juga memiliki target pasar. Anda harus bisa menemukan target market yang jelas dan sistem pendapatan pada bisnis ini adalah sistem komisi. Anda akan memasarkan dan menjual produk, misalnya harga dari produk tersebut sekitar Rp10.000 dan bisa dijual hingga Rp50.000 artinya Rp40.000 akan menjadi milik Anda.

4. Membangun Online Shop/Toko Online

jual beli online juga sudah berkembang di Gampong Cot Baroh, dampak dar program internet masuk desa

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis online yang tidak membutuhkan banyak modal. Pada umumnya, toko adalah sebuah bangunan yang di dalamnya tertata rapi barang-barang dagangan, baik itu kebutuhan primer maupun sekunder. Namun, lain halnya dengan toko online. Toko online tidak membutuhkan toko fisik atau sebuah bangunan toko. Anda hanya memerlukan gadget dan pandai dalam berbicara.

Pastikan jika spesifikasi barang yang dijual sesuai dengan aslinya. Menjaga nama baik sangat diperlukan dalam membuka bisnis online. Sebab orang hanya tahu nama Anda atau nama toko saja dan itu pun melalui dunia maya. Jika membuat suatu kesalahan seperti penipuan atau barang tidak sesuai spesifikasi, hal ini bisa menyebabkan orang kecewa dan memberikan testimoni yang buruk sehingga nama toko online Anda akan tercemar tidak baik.

5.  Pay Per Post/Content Writer/Penulis

Peluang bisnis online tanpa modal lainnya adalah menjadi seorang penulis atau content writer. Menjadi seorang penulis tidaklah membutuhkan modal yang banyak. Namun, Anda membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik.

Menjadi seorang penulis harus mampu memiliki pengetahuan tentang apa saja yang ada di lingkungan sekitar dan di seluruh lapisan masyarakat. Dari pekerjaan ini, Anda bisa mendapatkan uang yang lumayan banyak sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pribadi.

6.  Menjual Jasa/Menawarkan Jasa

Penawaran Jasa

Peluang bisnis online rumahan tanpa modal lainnya adalah menjual jasa. Anda bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, Anda tidak membutuhkaan waktu yang lama untuk mendapatkan uang. Waktu bekerja, waktu duduk, Anda sendirilah yang akan menentukannya. Dalam bisnis online rumahan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah komputer atau laptop dan tentunya koneksi internet yang lancar.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan