Internet Sangat Membantu Warga Gampong Membangun BUMG, Begini Caranya

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Salahsatu yang harus dilakukan BUMG ketika membangun usahanya adalah harus menggunakan aksesibilitas online untuk mendukung usaha. Melalui online, bukan hanya pengembangan pasar yang bisa dilakukan BUMG melainkan juga bisa mendapatkan beragam informasi mengenai bagaimana mendirikan hingga mengembangkan usaha.

Penggunaan internet untuk membantu setiap orang mendapatkan informasi jelas sudah tidak bisa dibendung lagi saat ini. Terutama bagi warga pedesaan, internet sebenarnya justru sangat dibutuhkan. Soalnya, akses informasi warga gampong sangat terbatas dibanding warga kota. Di kota orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi mulai dari harga-harga produk masa kini, karena tokonya ada di kota, hingga film terbaru dari bioskop yang hanya ada di kota.

Tetapi warga desa sekarang ini tak perlu merasa ketinggalan dengan warga kota karena sebenarnya melalui internet mereka bisa mendapatkan beragam informasi yang selama ini hanya bisa didapatkan orang-orang di kota. Pun demikian mengenai usaha. Warga gampong sesungguhnya bakal sangat diuntungkan jika mulai memanfaatkan teknologi maya ini.

Demikian pula dalam pengembangan BUMG. Salahsatu cara belajar cepat mengenai peluang usaha, bagaimana memulai dan berbagai informasi mengenai manajemen sesungguhnya bisa dipelajari melalui internet. Caranya dengan membuka berbagai situs yang membeber mengenai trik and tips bisnis yang bertebaran di internet, salahsatunya situs berita yang sedang Anda baca ini.

Dari internet kita juga bisa melihat bagaimana desa lain membangun BUMG-nya, unit usahanya dan bagaimana mereka menggunakan jaringan sosial media untuk memasarkan beragam produk mereka. Jangan salah, internet adalah salahsatu mesin pemasaran yang luar biasa membantu beragam jenis usaha di jaman ini.

Keunggulan internet selain mampu menyajikan aneka ragam informasi juga bermacam informasi bisnis berhasil yang meraksasa berkat internet. Internet juga menyajikan beragam pilihan bagi siapapun untuk memasarkan produknya melalui rupa-rupa cara mulai dari iklan hingga sosial media. Cara yang paling sederhana adalah melalui Facebook dan Instagram yang sudah sangat banyak dilakukan. Faktanya, penjualan produk melalui jaringan online memang hasilnya menggiurkan.

Maka, internet seharusnya adalah salahsatu perangkat yang harus dimanfaatkan oleh warga gampong dan terutama BUMG dalam membangun usaha. Anggapan bahwa internet adalah teknologi yang rumit jelas harus diruntuhkan dan ini adalah tugas anak-anak muda yang lebih leluasa mempelajari beragam hal melalui internet.

Internet juga bisa membuka wawasan agar jenis usaha BUMG tidak hanya berkutat pada area wilayah gampong-nya saja melainkan bisa melebar hingga tidak terbatas jaringan pasarnya. Hari ini bahkan produk gampong bisa dipasarkan ke luar negeri, dimanapun, hanya dengan duduk di depan layar monitor komputer saja.

Diolah dari : berdesa.com

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan