Sepuluh Langkah Membangun Minimarket Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Salah satu peluang usaha yang sangat mungkin dilakukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) adalah mendirikan toko alias minimarket. Komunitas warga gampong yang adalah pemilik dari BUMG adalah pasar yang sudah pasti menjadi bidikan bisnis ini. Tetapi hati-hati, persaingan pada bisnis ini sangat ketat. Apa yang harus ditempuh agar nimarket BUMG segera melejit seperti minimarket modern lainnya? Berikut 10 langkah penting yang sebaiknya dilakukan dalam proses mendirikan toko:

  1. Perencanaan Bisnis.Keuntungan toko terbilang kecil jadi perencanaan mengenai modal, potensi pendapatan, jenis produk yang dijual dan sebagainya haruslah benar-benar matang.
  2. Lokasi yang baik. Lokasi toko harus strategis seperti di pinggir jalan besar yang ramai atau di dekat pemukiman padat. Harus gampang terlihat, tempat parkir memadai dan perhitungkan persaingan di area tersebut.
  3. Segi design dan Penataan yang menarik. Ciptakan design dan lay out toko yang menarik sesuai karakter dan produk yang dijual. Yang pasti pengujung harus merasa nyaman dan mudah memilih barang. Swalayan Gampong milik BUMGampong Panggungharjo memiliki interior yang sangat artistik karena menjual produk fesyen, kerajinan dan oleh-oleh.
  4. Kelengkapan Produk. Lebih lengkap produk bakal lebih mengundang pengunjung berbelanja. Bisa dilakukan secara bertahap tapi usahakan minimarket Anda mampu menyediakan 1000 hingga 4000 item produk.
  5. Penentuan Harga Jual. Manajemen harus memiliki target konsumen yang jelas untuk menjadi pertimbangan penentuan harga. Penentuan harga bakal berpengaruh pada tingkat pendapatan dan target margin yang diharapkan.
  6. Pengadaan Barang / Supplier. Cari dan temukan suplayer barang yang memiliki keunggulan harga lebih urah, item barang beragam dan layanan dropping dan sistem pembayaran yang longgar.
  7. Manajemen dan Perangkat Operasi. Penggunaan sistem kasir dan sistem administrasi yang baik bakal sangat mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan usaha ini. Gunakan sistem modern dengan berbasis IT sehingga efisien dan lebih aman karena memiliki sistem pencatatan otomatis.
  8. Lengkapi Semua Ijin Usaha. Ijin usaha tentu syarat yang harus dipenuhi agar tidak terjadi masalah ketika usaha berjalan
  9. Tenaga Kerja / Karyawan. Harus tersusun sistem kerja yang jelas mencakup job deskripsi, sistem prestasi dan atran mengenai hak dan kewajiban karyawan. Usahakan mempekerjakan warga lokal.
  10. Program Pengiklanan / Promosi. Buat brosur secara berkala untuk menyapa setiap pelanggan Anda. Gunakan berbagai media untuk memberitahu setiap orang isi toko kita, harga yang kita tawarkan dan sebagainya.

Seperti halnya Swadesa Panggungharjo adalah toko yang menjual produk-produk asli warga Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung, toko ini bekerja secara offline maupun online dengan disain interior yang menawan, Toko Swadesa Panggungharjo bekerja sama lahir atas kerjasama BUMDesa Panggung Lestari dengan www.usahadesa.com. BUMG anda juga bisa membuatnya, semoga bermanfaat (diolah dari berdesa.com)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan