Puskesmas Teupin Raya  Melakukan Imunisasi Difteri di Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –  Difteri adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi di selaput lendir hidung dan tenggorokan. Bakteri yang menginfeksi bernama Corynebacterium diphtheriae. Umumnya penyakit difteri diawali dengan rasa sakit di tenggorokan, demam, lemas hingga membengkaknya kelenjar getah bening.

Imunisasi Difteri

Tahun 2017, Penyakit difteri tengah mewabah dan menjadi sorotan. Pasalnya, banyak daerah di Indonesia telah melaporkan kasus ini. Bahkan pemerintah lewat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan hal ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Lindungi Anak dan Keluarga Kita Dari Bahaya Difteri Dengan Imunisasi

Dalam rangka melindungi anak dan keluarga dari bahaya difteri, Puskesmas Teupin Raya melakukan imunisasi DPT di Gampong Cot Baroh, Rabu 2 Mei 2018 dalam rangka pencegahan  dari bahaya difteri, adapun gejala-gejala dari difteri  suara serak, tengorokan terasa sakit, nyeri saat menelan, kesulitan bernafas, kelenjar getah bening di leher membesar atau bengka, tengorokan dan amandel tertutup oleh membran bewarna abu-abu, demam menggigil, kasus difteri yang sudah terjadi di Kabupaten Pidie salah satunya  di Kecamatan Sakti satu orang yang terjangkit meninggal dunia pada tahun 2016.

Mayarakat Gampong Cot Baroh dan gampong sekitar sangat antunsias untuk melakukan imunisasi difteri  mulai dari balita, anak-anak, hingga remaja , tercatat 78 orang telah di imunisasi dari umur 1.5 tahun sd 18 tahun.

Menunggu giliran imunisasi sambil membaca buku dan majalah di Taman Baca Pandai

Kegiatan imunisasi  yang dipusatkan di Balai Koperasi Hareukat Meugoe, sambil menunggu giliran untuk disuntik imunisasi, anak-anak dan remaja gampong dapat membaca buku atau majalah karena balai koperasi dilengkapi dengan taman baca yang diberinama “Taman Baca Pandai” cikal bakal Perpustakaan Gampong  []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan