Masyarakat Gampong Cot Baroh Warga Cot Baroh Menunaikan Zakat

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Jam  pukul  8.30 pagi, masyarakat mulai berdatangan ke Meunasah untuk menunaikan zakat pertanian yaitu padi yang di terima oleh Tgk Zulkifli selaku Tgk Imam  Gampong Cot Baroh, Turut di dampingi oleh Keuchik Gampong  Cot Baroh Abdul Gani Hasan, Safwaturrahman sekretaris Gampong yang mencatat nama-nama muzakki dan mustahiq, Minggu 8 April 2018.

Sebagian masyarakat  telah menunaikan  zakat begitu panen usai namun juga ada baru hari ini menyerahkan di karenakan  tidak cukup tempat penampungan padi zakat. hari ini masyarakat menyerahkan dan menerima bagi yag berhak. kepada  masyarakat  yang tidak sanggup membawa sendiri padi zakat dari rumah ke Meunasah  panitia menyiapkan satu unit becak mesin untuk menjemput zakat.

Membayar zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok tegaknya syariat Islam,oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib fardhu atas kepada setiap muslim  yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Selain membayar zakat hasil pertanian, warga juga mengumpulkan 10 Kg padi per Kepala Keluarga atau sering di sebut padi ton yang dipergunakan untuk membiayai  pembangunan mesjid Baitul Izzah Mukim Aron Kecamatan Glumpang Tiga, selain itu iuran uang kematian Rp 100.000,- per KK yang di kutip oleh Ibu PKK Gampong Cot Baroh.

Abdurrahman Hasan atau akrab disapa Bang Rahaman sedang melihat timbangan padi

Namun ada yang menarik  pembeli padi zakat sudah menanti di sudut Meunasah. Jadi setelah menerima zakat  bagi masyarakat yang mau menjualnya langsung ada yang membeli di tempat dengan harga Rp 4300/kg, langkah itu dilakukan demi memudahkan masyarakat dalam menjual padi zakat sebut  Bang Rahman selaku karyawan Koperasi Hareukat Meugoe Gampong Cot Baroh yang bergerak di bidang jual beli hasil pertanian []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan