Gara-gara Salah Tulis Nama Gampong, Rp 582 Miliar Dana Desa untuk Pidie Tak Bisa Dicairkan

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, SIGLI – Dana desa yang mencapai Rp 582 miliar lebih untuk 730 gampong di Kabupaten Pidie, belum juga dicairkan Pemerintah Pusat. Padahal seharusnya, dana tersebut telah transfer pada Maret 2018 lalu.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie, Jufrizal.

“Seharus dana desa sudah masuk ke kas daerah sejak Maret lalu,” ujar Jufrizal, Sabtu (7/4/2018).

Kendala pencairan dana desa tersebut, kata Jufrizal, karena kesalahan penulisan nama gampong dalam dokumen yang diserahkan untuk proses pencairan di Pemerintah Pusat. Sehingga diwajibkan pihaknya melakukan perubahan agar dana tersebut bisa dicairkan secepatnnya.

“Informasi dari Dinas Keruangan Pidie, ada 4 nama gampong salah penulisan karena samar-samar dan mereka sudah ke Jakarta untuk memperbaikinya,” sambung Jufrizal.

Dia mengatakan, pekan depan ratusan miliar dana desa triwulan pertama jatah Kabupaten Pidie tersebut sudah bisa dicairkan oleh pemerintah gampong.

Bagi gampong yang sudah melengkapi syarat pencairan, seperti LKPJ, sudah menyusun APBG, dan sudah mendapat persetujuan perangkat gampong, dan sudah menetapkan peraturan gampong, bisa langsung mencairakan, jika dana desa sudah masuk ke kas daerah.

Sumber : beritakini.co

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan