Qanun APBG 2018 belum Siap

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadlullah TM Daud ST, meminta aparatur gampong sebagai pengelola dana desa, mempercepat pembuatan qanun tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). Jika Qanun APBG 2018 belum siap, maka penggunaan dana desa tahun ini yang mencapai Rp 582,2 miliar, tidak bisa direalisasikan.

“Informasi yang kami terima, proses qanun APBG 2018 ini sedang digarap pengelola dana desa dari 730 gampong di Pidie. Gampong harus mempercepatnya, agar dana desa tahap satu bisa cepat cair,” kata Fadhlullah TM Daud, kemarin.

Ia menambahkan, terlambatnya proses pembuatan Qanun APBG, salah satunya akibat terlambatnya pembahasan RAPBK Pidie tahun 2018. Sehingga, kini baru selesai dilakukan penyerahan pagu dana desa tahun 2018 sebesar Rp 582,2 miliar. Pagu itu telah diserahkan Bupati Pidie, Roni Ahmad atau Abusyik pada Senin (26/3). Sementara APBK yang telah tuntas dibahas legislatif dan eksekutif, hingga kini masih dalam proses evaluasi di tingkat Provinsi Aceh.

LPJ Tahun 2017 Macet
Untuk diketahui, dari 730 gampong di Pidie, sebanyak 480 gampong belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) tahun 2017. Akibatnya 480 gampong itu tidak bisa mencairkan dana desa tahun 2018 yang pagunya telah dibagikan masing-masing gampong.

Jika gampong belum menyerahkan LPJ tahun 2017, akan berimbas kepada terlambatnya pelaksanaan kegiatan di gampong tahun ini. Baik kegiatan fisik maupun untuk pemberdayaan ekonomi.(naz)

Sumber : www.aceh.tribunnews.com

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan