Pantarlih Gampong Cot Baroh Ikut Menyukseskan Coklit Serentak 17 April

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Sebagaimana yang kita ketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentak pada tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018. Coklit ini dilakukan, baik bagi pemilih di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Gerakan coklit serentak yang akan dilakukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk dalam negeri akan dilaksanakan di 133 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia,” demikian dikutip dari siaran pers Humas KPU, Seperti yang dimuat Tempo, Senin, 16 April 2018.

Untuk menyukseskan coklit serentak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie menurunkan 1.391 orang Panitia Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih) untuk mendata masyarakat ke setiap rumah mulai Selasa (17/4/2018) hingga 16 Mei 2018

Ketua KIP Pidie, Ridwan SPd, Selasa mengatakan, pantarlih mendatangi rumah warga satu per satu selama satu bulan ke depan.

Untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak seluruh Indonesia terkait data pemilih. Petugas pantarlih ini menelusuri ke setiap rumah untuk mencocokkan data pemilih di rumah tersebut.

“Misalnya ada pemilih sudah meninggal, maka dicoret dalam daftar. Misalnya salah nama maka diperbaiki,” jelas Ridwan, Ketua KIP Pidie.

Selanjutnya jika ada anggota keluarga pada 17 April 2019 mendatang berusia 17 tahun maka dimasukkan dalam daftar karena dapat memilih.

Untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu mendatang.

“Petugas pantarlih turun juga ke rumah warga juga berkoordinasi dengan keuchik setempat,” jelasnya, di lansir dari  www. aceh.tribunnews.com.

Pantarlih Gampong Cot Baroh memulai pencocokan dan penelitian data pemilih dengan mengunjungi rumah-rumah  top leader gampong seperti ketua Tuha Peut Gampong, Keuchik, Sekretaris, Tgk Imum, Anggota TPG, akan tetapi tidak semua tokoh gampong dapat dijumpai langsung di rumahnya, karena sedang sibuk mencari nafkah di kebun atau sawah, pantarlih terpaksa menjumpai penghuni rumah tokoh gampong seperti isteri tokoh gampong atau familinya.

Berikut ini, foto kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) di Gampong Cot Baroh Selasa 17 April 2018.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan