9 Pedoman Orang Tua Bentengi Anak di Jejaring Sosial

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pengguna situs jejaring sosial facebook dan kurun waktu satu tahun terkahir ini di Indonesia, telah menujukan perkembangan yang begitu pesat, Internet sebagai jaringan teknologi dan komunikasi global telah menembus segala batas penggunanya. Sejuta manfaat bisa di dapat dari situs internet tersebut, namun sebaliknya tidak seluruh isinya dapat bermanfaat bagai penggunanya jika tidak digunakan secara sehat dan berhati-hati, sebab sifat internet cenderung bebas dari penguasaan pihak manapun.

Oleh karena itu, adalah mustahil bagi kita menolak keberadaan era teknologi komunikasi dan informasi global yang berkembang saat ini. Tinggal saja, bagaimana kita memanfaatkan teknologi itu untuk tujuan yang baikl ditengah-tengah pergaulan kita, secara khusus di tengah-tengah kehidupan masing-masing keluarga kita. Peran semua pihak, orangtua,keluarga,masyarakat, pemerinath dan Negara sangatlah dibutuhkan, lalu bagaimana kita memanfaatkan internet tersebut secara sehat?

Ada 3 (tiga) benteng bagi anak, remaja agar dapat menggunakan atau memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi global secara aman, nyaman dan sehat yaitu keluarga lingkungan sosial, dan Negara.

  1. Orangtua berperan penting menjadi garda terdepan dalam kehidupan keluarga untuk menyelamatkan anak-anak dari dampak buruk internet.
  2. Orangtua harus senantiasa memberikan waktu untuk mendampingi anak saat menggunakan internet di rumah.
  3. Kedua orangtua harus senantiasa menjadi idola anka ditengah-tengah keluarga pada saat anak bereksplorasi dengan internet baik di rumah maupun diluar rumah.
  4. Keluarga harus mampu menjadikan dirinya sebagai tempat “curhat” bagi anak dalam menghadapi suka dan duka dalam kehidupanya.
  5. Guru, termasuk tenaga pengajar di sekolah-sekolah regular maupun non regular, ektra kurikuler senantiasa memberikan kontrol, bimbingan, pengawasan serta edukasi terhadap peserta didiknya bagaimana menggunakan internet yang sehat.
  6. Orangtua sebaginya mengerti atau setidak-tidaknya memahami tentang perkembangan dunia teknologi situs jejaring sosial facebook yang tengah berkembang saat ini.
  7. Janganlah menjadi kebanggaan bagi orangtua, jika memberikan atau membeli anak khususnya bagi anak remaja dengan gadget atau teknologi yang canggih, karena alih-alaih gadget teknologi yang canggih itu justru bisa membahayakan anak itu sendiri.
  8. Agar tidak memperluas kemungkinan adanya modus operandi baru dalam dunia penculikan, serta penipuan melalui dunia maya, hendaknya anak, remaja janagan memberikan atau mencantumkan data diri yang lengkap ketika bersosialisasi dengan relasi yang baru dikenal lewat dunia maya seperti hobby, kebiasaan, cirri-ciri serta foto atau gambar yang dapat mengundnag pikiran dan naiat buruk ke dalam situs jejaring sosial facebook.
  9. Orangtua tidak sebaliknya turut membantu anak-anak dibawah umur 13 tahun untuk mendaftar ke situs jejaring sosial yang seharusnya belum diperboleh bergabung.

 

Sumber : Pedoman Internet Sehat ICT Watch

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan