Hama Wereng Resahkan Petani

Hama Wereng Resahkan Petani Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Disaat  wilayah lain sudah mulai menikmati masa panen, petani di kawasan Blang Lhok yang berasal dari Gampong Cot Baroh, Krueng Nyoeng, Krueng Jangko dan Simpang Kecamatan Glumpang Tiga resah dengan munculnya hama wereng.

Hama ini muncul saat tanaman padi sudah berbuah  dan tinggal menunggu sekitar satu bulan lagi untuk dipanen. Muculnya hama wereng tersebut, membuat para petani resah karena takut  mengalami gagal panen. Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan penyemprotan.

Emergency Respon  (20/01/18)

Saat ini hama wereng telah menyerang tanaman padi  lebih kurang 2 Ha, untuk mencegah meluasnya serangan hama wereng telah dilakukan emergency respon oleh Balai  Penyuluh Pertanian Blang Raya (20/01/18) dan  pengendalian secara masal  (25/01/18) oleh  Koor BPP Blang Raya, Penyuluh pertanian bersama Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman – Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) Lab Keumala.

Pengendalian Hama Werng Secara Massal (25/01/18)

“Populasi hama wereng saat ini semua sawah sudah ada populasi, sehingga di lakukan pengendalian secara massal, untuk  pengendalian kita menggunakan insektisida bassa, supaya populasi hama wereng  tidak sampai menyebar ke wilayah lain atau wilayah terdekat” Kata Mahzal dari POPT-PHP Lab Keumala.

Mahzal  menambahkan, saat ini hampir semua gampong  di Kecamatan Glumpang Tiga sudah ada populasi hama wereng,  saat ini serangan yang telah terlihat  di Gampong Krueng Nyoeng, Cot Baroh,untuk kerugian total saat ini belum dapat ditaksir, serangan hama saat ini masih spot-spot, dalam satu petakan sawah berkisar dua meter dua meter terkena hama wereng.

Pengendalian Hama Werng Secara Massal (25/01/18)
Pengendalian Hama Werng Secara Massal (25/01/18)

Sementara itu, salah seorang petani mengharapkan Kepada Pemerintah Kabupaten Pidie untuk menambahkan alokasi anggaran Dinas Pertanian yang bisa digunakan untuk pengendalian hama pada tanaman padi, jangan sampai waktu tanaman padi masyarakat terkena hama tidak ada anggaran diinstansi terkait, seperti yang terjadi pada emergency respon hama wereng di Bale Ijo Gampong Krueng Nyong (20/01/18), satu dus insektisida bassa harus mencukupi untuk tiga gampong []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan