Cara Mudah Mendirikan Badan Usaha Milik Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –  Setiap Gampong dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa melalui prakarsa atau inisiatif masyarakat desa. Pendirian BUMG memiliki dua fungsi, yaitu sebagai lembaga sosial (sosial institution) dan komersil (commercial institution). Inilah bedanya BUMDes dengan lembaga ekonomi lainnya.

BUMG sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar.

UU No. 6/2014 tentang Desa menegaskan bahwa BUMG dibentuk oleh Pemerintah gampong untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gampong.

Oleh karena itu, segala aktivitas BUMG tidak hanya berbicara soal bisnis semata, tetapi harus mampu memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat gampong.
 
Cara Mudah Mendirikan BUMDes

Mendirikan BUMG lebih mudah dibandingkan dengan mendirikan Comanditaire Venootschap (CV) atau PT (Perseroan Terbatas). Untuk mendirikan CV misalnya, sebelum datang ke kantor notaris, seseorang harus membuat maksud dan tujuan yang specifik dari CV tersebut, menentukan siapa yang bertindak selaku pesero aktif dan persero diam, menyiapkan foto copy KTP, dll.

Sebuah CV yang kuat biasanya terdaftar di Pengadilan Negeri, memiliki NPWP, Surat Pengukuhan Pengusaha Pajak (PKP), SIUP, TDP, dan keanggotaan pada Kadin.

Cara pendirian BUMG berbeda dengan cara mendirikan PT atau CV. Pendirian BUMDes cukup dengan disepakati melalui musyawarah gampong dengan tidak mengabaikan mekanisme pelaksanaan rapat yang benar.

Hasil musyawah desa menjadi pedoman bagi Pemerintah Gampong dan Tuha Peut Gampong untuk menetapkan Peraturan Gampong tentang Pendirian Badan Usaha Milik Gampong . Dengan diterbitnya Qanun/Pergam, maka BUMG sah secara hukum. (Di olah dari Gampong RT)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan