Pembangunan Talud Penahan Banjir, Berhasil Mengatasi Banjir

Talud Penahan Banjir

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Hujan lebat yang mengguyur Aceh beberapa hari belakangan ini, dengan indentitas sedang maupun lebat yang menyebabkan banjir dimana-mana termasuk Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga dan Cot Tunong diterjang banjir akibat meluapnya anak sungai Paya Raoh pada Senin (28/11/2017) sekitar pukul 20.00 WIB.

Wilayah yang diterjang banjir di Gampong Cot Baroh meliputi sebagian dusun Anggrek dan Rumbia menyebabkan beberapa rumah warga terandam banjir serta ± 20 Ha sawah terandam banjir kiriman dari Gampong Cot Tunong dan juga halaman SDN Cot Baroh ikut terendam banjir, serta pada tanggal 30 November sd 01 Desember 2017 Gampong Cot Baroh kembali di terjang banjir tapi tidak seperti Senin (28/11/17).

Pembangunan Talud

Banjir tahun ini tidak separah tahun lalu, karena telah selesai dibangunnya talud atau tanggul penahan banjir sepanjang 1.398 Meter dengan total dana mencapai Rp. 384.031.000, Pembangunan talud tersebut berdampak dengan tidak teramdanya rumah warga kawasan Sagoe Lhok Punti dusun Anggrek, Sagoe Barat dusun Mulia, sedangkan rumah warga dan sawah yang teremdam banjir merupakan banjir kiriman dari Gampong Cot Tunong, karena pada saat banjir terjadi air melintasi tanggul penahan banjir  di Gampong Cot Tunong.

Dampak dari banjir kiriman tersebut di Gampong Cot Baroh ± 5 meter saluran irigasi jebol,  sedangkan di Gampong Cot Tunong ± 10 meter pagar warga roboh diterjang banjir sampai berita ini diwartakan kerugian belum dapat ditaksir.

Pada saat banjir

Wahyuni salah soerang warga Sagoe Lhok Punti Gampong Cot Baroh sangat berterima kasih dengan telah dibangunya talud penahan banjir, tahun ini kita bebas dari banjir karena telah siapnya tanggul penahan banjir,kami meraskan manfaat dari pembangunan tanggul tersebut []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan