Pemasangan Akses Internet Indihome Di Gampong Cot Baroh

Pemasangan Jaringan Wifi

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia saat ini baik yang tinggal di Kota maupun Gampong, kebutuhan akan informasi dan pengetahuan yang dapat diperoleh dari internet merupakan salah satu kebutuhan sehari hari. Selain sebagai sarana media sosial, internet memiliki fungsi yang penting untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan cara yang mudah.

Perkembangan internet di Indonesia bisa dibilang sangat pesat. Masyarakat yang mulai melek internet, kini menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-harinya, sepertihalnya di Gampong internet dibutuhkan dalam hal pembangunan gampong yaitu sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi kegiatan pemerintah gampong kepada masyarakat dan pemerintah daerah maupun pusat.

Untuk memenuhi kebetuhan tersebut, pada tahun 2017 ini Pemerintah Gampong Cot Baroh telah membangun akses internet indihome di Gampong Cot Baroh dengan membangun  tower trianggel setinggi 30 meter yang dikerjakan oleh team cc hostpot, untuk tahab pertama paket yang diambil 20 mbps dengan perbulan Rp 750.000.

Internet tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong yang akan diberi nama COTBAROH.ID, bagi warga yang membutuhkan jaringan wifi hotspot di rumah akan dikenakan tarif internet rumahan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli gampong.

Sebab kebiasaan dari warga yang mememiliki smartphone sering membeli paket kartu data, dari pada membeli kartu paket internet operator tertentu dengan kisaran  harga Rp 50.000 s/d Rp 80.000 dengan batasan quata, lebih baik menggukan hostpot gampong unlimited.

Untuk mendapatkan hostpot internet rumahan, warga cukup mengeluarkan modal sebesar Rp 1.506,000 dengan rincian pengadaan perangkat wifi outdoor “tenda modif” Rp 500.000, kabel lan Rp 3.000 / meter, konektor rj45 Rp 3.000/1,  tiang Rp 200.000 per batang,  perangkat indoor Rp 300.000, harga paket wifi rumahan Rp 100.000 / bln dapat 2 mbps, biaya pemasangan Rp 400.000 per pekerjaan, harga bisa berubah-ubah tergantung dengan medan pemasangan jaringan.

Nah, bagi warga yang ekonominya berkecukapan tentunya tidak bisa menikmati internet rumahan, bisa menikmati akses wifi publik yang telah dipasang di warung kopi dan kantor keuchik dengan akses koneksi terbatas kadang-kadang cepat kadang lambat, koneksi internet bersumber VSAT program desa broadband []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan