Gampong Cot Baroh Memilih Inovasi Pemanfaatan Website dan Internet Gampong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –  Setidaknya lebih dari 1.500 Keuchik Gampong, sekretaris gampong dan serta perangkat gampong, dan tokoh masyarakat dari 730 di Kabupaten Pidie, Kamis (28/12) pagi mengikuti Bursa Inovasi Gampong Tahun 2017 di Gedung Olahraga (GOR) Kota Sigli.  Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadhullah TM Daud.

Wabup Fadhlullah dalam sambutannya mengatakan, dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang gampong, maka gamponga diberikan kewewenangan berdasar hak dan asal usul dan kewenangan lokal untuk skala lokal gampong.

Sementara hal-hal yang mendasar dari PID/G tersebut adalah inovasi dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. Kedua, lanjut Wabup Fadhlullah dukungan teknis dan penyedia jasa layanan teknis secara profesional. Kedua hal ini, diyakini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan nasyarakat melalui pembangunan yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG).

Dalam kegiatan bursa inovasi tersebut, Pemerinatah Gampong Cot Baroh memilih melanjutkan program inovasi pemanfataan website gampong sebagai mana sebelumnya pemanfaatan website gampong Cot Baroh masuk dalam bursa inovasi gampong.

Adapun kedepanya untuk mendukung pelaksanaan inovasi tersebut, Pemerintah Gampong Cot Baroh akan menganggarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong untuk membangun jaringan hotspot di empat lokasi  dalam lingkungan Gampong Cot Baroh.

Hotspot-hotspot tersebut nantiknya akan dihungkan ke rumah-rumah warga dan sarana pendidikan yang membutuhakn akses internet dengan sistem prabayar, masyarakat akan mendaptakan akses  informasi dengan koneksi cepat, unlimited dan murah, gampong akan diuntungkan, yang akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Gampong. []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan