Rapat Gampong : Penentuan Tanggal Maulid & Pembangunan Gampong 2018

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dalam banyak tradisi budaya yang berkembang di masyarakat Aceh, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan yang terbesar dan berlangsung lama, yaitu selama tiga bulan.masyarakat Aceh 1 Desember 2017  dalam penanggalan Masehi, atau 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Perayaan maulid Nabi dalam bahasa Aceh disebut Kanduri Maulod yang merupakan perayaan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau juga disebut memperingati Uroe Lahee Pang Ulee Alam ( memperingati hari kelahiran penghulu Alam) Kanduri Maulod sudah menjadi tradisi dalam masyarakat Aceh, Bahkan terbesar bila dibandingan dengan tradisi-tradisi lain yang ada di Aceh.

Dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut  yang disebut dengan bulan Maulod, yaitu bulan Rabiul Awal disebut dengan Maulod  Awai (Awal Maulid) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal. Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut. Selanjutnya, Kenduri Maulid pada bulan Jumadil Awal disebut Maulod Akhee (Maulid Akhir) yang dilaksanakan sepanjang bulan Jumadil Awal.

Gampong Cot Baroh akan memperingati maulid Nabi Pada  07 Januari 2018 sesuai hasil yang telah disepakti dalam rapat yang digelar gampong pada 06 Desember 2017 di Meunasah Gampong Cot Baroh, sebelumnya tanggal maulid sudah terjadwal Maulid masing-masing gampong misal 10 Desember Gampong Reudeup Meulayu, 17 Desember Gampong Panjoe, 31 Desember Gampong Cot Tunong dan Gampong Cot Baroh tanggal 7 Januari 2018.

Pada Rabat 06/12/ tersebut, selain membahas tentang kanduri Maulid juga mengulang tentang rapat musrembang gampong,tentang rencana pembangunan gampong pada tahun 2018 yang telah diadakan pada 24 Oktober 2017 lalu. Pembangunan Gampong pada tahun 2018 sesuai dengan yang telah digoreskan dalam  Permendes No.19/2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018.

Pembangunan Gampong Cot Baroh tahun 2018 meliputi pembangunan toko gampong untuk peningkatan PAG, pembangunan gedung PKK, pembangunan sarana olah raga, pembangunan saluran pembuangan dan rehab atap balai pengajian, sedangkan untuk bidang pemberdayaan masyarakat tahun 2018 yaitu usaha pengemukan sapi, pengembangan internet desa jual beli bandwidth internet yang akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Gampong []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan