Pelatihan Platform Tata Kelola Desa (SIDEKA)

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Dalam upaya peningkatan kapasitas perangkat gampong dan operator gampong dalam memahami tentang Platform Tata Kelola Desa Sistem Informasi Desa dan Kawasan yang telah dilakukan kegiatan pelatihan platform tata kelola desa (SIDEKA) pada Minggu 19 November 2017.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pendampingan Program Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu 2017 bertempat di Gampong Cot Baroh  Kecamatan  Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Pelatihan Platform Tata Kelola Desa pemateri Penyuluh Desa Broadband yang telah rekrut untuk mendampingi kegiatan pedampingan desa broadband ini.

Penyuluh Desa Broadband Gampong Cot Baroh sedang menjaelaskan fungsi aplikasi sideka untuk tranparansi dana desa

 

Kegiatan pelatihan dipusatkan di Balai Koperasi Hareukat Meugoe, karena belum tersedia ruangan yang cocok untuk kegiatan pelatihan di Gampong Cot Baroh.

Yang mengikuti pelatihan platform tata kelola desa kebanyakan perempuan yang terdiri dari operator desa, kader pkk dan masyarakat biasa, laki-laki hanya dua orang yaitu sekretaris gampong dan kader pemuda dengan total semua peserta ada 7 orang.

Ada sedikit kesulitan dalam melakukan acara pelatihan, di karenakan aparatur gampong belum terbiasa dengan kegiatan kantor seperti pelatihan platform tata kelola desa ini dan saat ini sedang ada kesibukan musim turun sawah, untuk perangkat gampong sudah terwakili oleh sekretaris gampong.

Hasil yang didapatkan dari kegiatan pelatihan, operator dan sekretaris desa sudah mampu mengoperasikan website desa dan apalikasi sideka destop, namun ada sedikit kendala pada proses posting databate SISKEUDES ke aplikasi sideka yaitu tidak bisa kunci setelah di posting. []

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan