Inovasi : Drone Desa, Desa Sidamulih Rencanakan Program Pembangunan dan Pemberdayaan dengan Dukungan Data Geospasial

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID, CIAMIS – Pemerintah Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis tak cukup puas dengan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desanya. Mereka mengembangkan dukungan data berbasis geospasial untuk melengkapi kegiatan perencanaan. Selain prinsip partisipatif, program pembangunan dan pemberdayaan juga harus didukung oleh data yang akurat dan sahih.

Pengembangan data geospasial dimulai pada 2015. Mereka mengawali inovasi itu dengan sebuah workshop pemetaan potensi desa. Saat workshop itulah Drone Desa diperkenalkan sebagai alat bantu pencitraan jarak jauh. Hasilnya, rupa bumi Desa Sidamulih dapat tervisualisasi dengan jelas melalui peta dijital. Peta dijital itulah yang menjadi rujukan perencanaan program pembangunan dan pemberdayaan yang tertuang dalam Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes).

Nama Inovasi Drone Desa untuk Pemetaan Potensi Desa
Pengelola Pemerintah Desa Sidamulih
Alamat Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
Kontak Tati Karyati (Kepala Desa Sidamulih)
Telepon +62-813-2340-0605
Website http://sidamulih.desa.id

Untuk mengembangkan data geospasial, Pemerintah Desa Sidamulih menggandeng sebuah perusahaan pemetaan di Jakarta, Bukapeta. Bukapeta memfasilitasi pencitraan jarak jauh, pelatihan pembuatan peta dijital, dan membangun sistem informasi peta desa. Upaya kolaborasi itu menjadikan reputasi Desa Sidamulih semakin baik, terlebih sebelumnya desa ini mampu menyabet Juara I Sikompak Award tingkat Kabupaten Ciamis.

Untuk urusan data geospasial, Desa Sidamulih merupakan desa pertama yang berinisiatif mempraktikan pemetaan desa menggunakan drone di Kabupaten Ciamis. Pencitraan jarak jauh tersebut menjadi bahan dasar dalam penyusunan peta partisipatif desa. Peta itu membantu pemerintah desa untuk mengidentifikasi potensi desa dan upaya pembenahan tata ruang dan tata wilayah di Desa Sidamulih.

Pemerintah Desa Sidamulih menyadari selama ini mereka mengacu gambar peta dari kabupaten. Pemanfaatan drone mampu menghasilkan peta desa yang lebih akurat sehingga program pembangunan fisik dan nonfisik semakin tepat sasaran. (sumber : www.inovasidesa.or.id)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan