Gampong Cot Baroh Telah Di Petakan Melalui Program Desa Broadband

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Gampong Cot Baroh Mukim  Aron Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie salah satu gampong di Kabupaten Pidie yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal pengembangan sistem Informasi Desa melalui program Desa Desa Broadband yang merupakan salah satu Program  Presiden RI Ir.H. Joko Widodo yang pertama di luncurkan pada tahun 2015 dari kementrian kominfo bekerja sama langsung  dengan BP2DK-BP3TI.

Gampong Cot Baroh masuk dalam 222 desa lainya se Indonesia dari 113 Kabupaten di 33 provinsi ditetapkan sebagai lokasi program Pendampingan Penyelanggaran Desa Broadband Terpadu tahun 2017. Desa-desa tersebut akan dijadikan contoh sekaligus pionir dalam mewujudkan tatakelola pembangunan nasional berbasis desa.

Dalam rangka memaksimalkan penggunaan akses internet dan perangkat komunikasi agar tepat guna dan tepat sasaran, BP3TI memberikan amanah kepada Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, Lembaga Penelitian dan Pengapdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PSP3 LPPM IPB) untuk memberikan pelatihan dan pedampingan di 222 Desa, dalam hal ini desa-desa didampingi dalam membangun basis data desa secara digital salah satunya peta gampong.

Jum’at, 29/09/2017, Gampong Cot Baroh Kedatangan Tim Pemetaan dari Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, Lembaga Penelitian dan Pengapdian Kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor hadir ke Cot Baroh untuk melakukan pemetaan dan menentukan titik koordianat tempat-tempat penting di gampong seperti Meunasah, Kantor Keuchik, jalan utama gampong, pusat-pusat ekonomi gampong sampai dengan Minggu 01 Oktober 2017 yang diakhiri dengan kegiatan FGD, sebelumnya pada Rabu  20 September 2017 telah dilakukan FGD Assessment Desa Broadband.

Tanggal 02 Oktober 2017 dilakukan FGD Penetuan batas gampong, Keuchik Gampong Cot Baroh Abdul Gani Hasan sangat berterima kasih atas telah dipetakan Gampong Cot Baroh, Keuchik Gani mengatakan, sebelumnya kami tidak paham bagaimana itu pembuatan peta gampong padahal peta gampong itu sangat berguna, saat ini  Gampong Cot Baroh telah dipetakan, kedepan kita akan mengetahui berapa luas Gampong Cot Baroh, dan kami sangat berterima kasih.

Hal senada dengan keuchik Gampong, Sekretaris Gampong Safwaturrahman menyebutkan terima kasih  dan appresiasi atas  telah dilakukan pemetaan Gampong Cot Baroh, ternyata setelah dipetakan Gampong Cot Baroh itu luas, sebagian  Cot Baroh adalah perbukitan  masuk dalam wilayah perkebunan warga yang berbatasan dengan kabupaten Pidie Jaya dan Bukit barisan.

“Saya atas nama Kepala Pemerintahan Gampong Cot Baroh dan Masyarakat Gampong Cot Baroh mengucapakn terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah banyak membantu desa atau gampong sebutan di Aceh melalui kucuran dana desa yang begitu besar dan imbangi dengan  program-program supra desa seperti desa broadband ini sebagaimana disebutkan dalam program Nawacita program Presiden Joko Widodo. Dalam Nawacita disebutkan bahwa membangun Indonesia harus dimulai dari pinggiran,” Ujar Sekretaris gampong kepada gampongcotbaroh.desa.id  []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan