Dana Gampong Cot Baroh Tahap I telah Terserap 60 % di Awal Semester

Kegiatan Pembangunan Tanggul Penahan Tanah / Banjir Sepanjang 1398 M

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pemerintah Gampong Cot Baroh pada tahun anggaran 2017 mendapatkan dana desa sebesar Rp. 735.929.857. Dana desa adalah dana yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada gampong yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana desa yang merupakan salah satu sumber pendapatan Gampong, masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG). Pendapatan gampong yang lain berasal dari Alokasi Dana Gampong (ADG), Bagian dari Hasil Pajak dan Retrbusi Kabupaten , Pendapatan Asli Gampong, serta pendapatan lain lain gampong yang sah.

Pendapatan gampong ini sendiri digunakan oleh gampong untuk membiayai kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan gampong, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat. Dana gampong diberikan kepada gampong dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar 60% dari pagu serta tahap kedua sebesar 40% dari pagu.

Berdasarkan laporan realisasi anggaran tahap satu yang dibuat oleh Pemerintah Gampong Cot Baroh, dana yang telah ditransfer ke rekening kas Gampong sebesar Rp. 485.166.000 pada bulan September 2017.

Keuchik Gampong Cot Baroh, Abdul Gani Hasan mengatakan, dari total dana desa tahap pertama yang telah ditransfer, sebesar Rp. 485.166.000 atau 60% diantaranya telah terserap untuk kegiatan pembangunan infrastruktur.

Abdul Gani menambahkan di tahun 2017 ini sebagian besar dana gampong digunakan untuk pembangunan fisik gampong yaitu pembangunan toko gampong, tanggul penahan banjir. Disamping itu kegiatan yang lainnya adalah pengadaan jaringan Internet gampong, pengadaan lampu penerangan jalan dan pengadaan peralatan kantor.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti, sehingga seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dapat diselesaikan dengan baik sesuai target yang diharapkan”, Salam Gampong Membangun, Ungkap Abdul Gani Hasan.[]

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan