“Download” Gratis Buku Sekolah SD Sampai SMA lewat Aplikasi Ini

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Kemajuan teknologi diharapkan mempermudah masyarakat modern untuk mendapatkan akses pendidikan, kesehatan, dan informasi yang memadai. Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional ( Depdiknas) merangkul pengembang aplikasi lokal asal Surabaya, Mahoni Global, untuk membuat layanan internet bertajuk Buku Sekolah Digital atau disebut pula BSE.

Pada dasarnya, BSE merupakan perpustakaan buku-buku pendidikan dalam format digital, dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. BSE tersedia sebagai aplikasi mobile untuk Android, iOS, dan Windows, dan situs di alamat www.bukusekolahdigital.com.

Tak kurang dari 2.000 buku terhimpun di perpustakaan BSE dan bisa diunduh secara gratis. Buku-buku tersebut terarsip rapi sesuai kurikulum yang dikeluarkan pemerintah, mulai dari KTSP 2006 hingga kurikulum 2013 yang teranyar.

Selain itu, BSE juga dilengkapi dengan buku-buku umum, seperti Tesaurus, Kamus Bahasa Indonesia, buku-buku tentang pembelajaran anti korupsi yang disediakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan buku pendidikan keuangan yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI), sebagaimana dipantau KompasTekno, Selasa (13/6/2017).

Setiap buku yang dimasukan dalam BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Depdiknas dari penulis atau penerbit, lantas diubah dalam bentuk buku elektronik (e-book). Diharapkan kehadiran BSE dapat memperluas peredaran buku-buku pendidikan sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air.

“Buku-buku yang tersedia akan terus ditambah jumlahnya seiring dengan dikeluarkannya buku-buku baru oleh pemerintah,” begitu tertera pada keterangan aplikasi.

Antarmuka aplikasi dibuat simpel. Saat membukanya, pengguna disodorkan dua tab utama. Satu untuk melihat buku apa saja yang telah diunduh dan satunya lagi berisi beberapa folder buku sesuai kurikulum.

Di dalam folder kurikulum, pengguna akan melihat banyak folder turunan sesuai dengan jenjang pendidikan, mulai SD kelas satu hingga SMA kelas tiga. Saat dibuka lagi, buku-buku digital akan terpampang sehingga bisa dipilih yang mana saja yang hendak diunduh.

Jika sudah mengetahui pasti judul buku yang diinginkan, cukup ketik di kolom pencarian yang diletakan di atas tab. Aplikasi akan langsung membawa pengguna ke buku yang dicari dan bisa segera diunduh.

Pantauan KompasTekno, aplikasi BSE untuk Android sudah diunduh sebanyak 100.000 kali. Jika Anda belum mengunduh dan ingin mengakses buku-buku pendidikan gratis, silakan buka tautan inirel=”nofollow” untuk Android, link ini untuk iOS, dan tautan ini untuk Windows Phone.

Selamat mencoba!

Sumber  :  tekno.kompas.com

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan