Warga Gampong Cot Baroh Tunaikan Zakat Fitrah

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Menjelang akhir ramadhan masyarakat Gampong Cot Baroh  Kemukiman Aron Kecamatan Glumpang Tiga menunaikan pembayaran zakat fitrah pada Kamis Malam (22/6/2017) bertempat di Meunasah Gampong. Pembayaran zakat fitrah akan berlangsung hingga malam hari raya idul fitri nantik.

Zakat fitrah merupakan  zakat diri setiap muslim yang mampu, baik laki-laki maupun perempuan yang wajib dibayarkan sebelum tenggelamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan.

Tgk Zulkifli Abu Bakar bersama Keuchik Abdul Gani Hasan dibantu beberapa  aparatur gampong dan tokoh masyarakat menjadi petugas penerima dan mencatat jumlah zakat. Adapun ketentuan ukuran pengeluaran zakat fitrah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Pidie setelah berkoordinasi dengan Ketua MPU Kabupaten Pidie tentang zakat fitrah tahun 1438 H / 2017 M yang disesuaikan dengan makanan pokok daerah setempat adalah 2,8 kg beras atau 2 Are untuk 1 jiwa.

Warga Gampong Cot Baroh Tunaikan Zakat Fitrah ada Kamis Malam (22/6/2017) bertempat di Meunasah Gampong
Warga Gampong Cot Baroh Tunaikan Zakat Fitrah Pada Kamis Malam (22/6/2017) bertempat di Meunasah Gampong

Zakat Fitrah yang telah terkumpul,  pada Jum’at malam (23/06/17) akan dibagikan kepada yang berhak menerima zakat, sesuai dengan Firman Allah dalam Surat At-Taubah Ayat 60, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” ungkap Keuchik Gampong Cot Baroh kepada gampongcotbaroh.desa.id

Facebook Comments

3 Comments

  1. Selamat hari raya idul fitri, semoga kita bisa saling memaafkan segala kesalahan di masa lalu. Prestasi Gampong Cot Baroh patut dipertahankan dan semoga menular ke gampong2 lainnya. Salam dari desa!

  2. Sistem Gampong di Aceh sangat unik dan menarik, yg ingin saya tanyakan sistem pengelolaan Zakat oleh Gampong dan Mukim bagaimana, mungkin bisa berbagi cerita?

Tinggalkan Balasan