Amil Zakat Mengantarkan Zakat Fitrah “Door To Door”

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Amil Zakat Fitrah  Ramadhan 1438 H Gampong Cot Baroh Kemukiman Aron Kecamatan Glumpang Tiga, (24/06/2017) menyalurkan zakat kepada warga yang berhak  menerima zakat fitrah dengan cara “Door To Door” menggukana becak mesin

Untuk pembagian zakat tahun ini keluarga fakir mendapatkan 10 Kg beras perjiwa dan Keluarga Miskin 4 Kg beras perjiwa, dari total delapan golongan penerima zakat fitrah, tiga golongan terdapat di Gampong Cot Baroh yaitu

1.Al-fuqara’

Orang fakir yaitu orang yang tidak memiliki harta dan tidak mempunyai tenaga untuk menutupi kebutuhan dirinya dan keluarganya. Seumpama orang fakir adalah orang yang membutuhkan 10.000 rupiah, tapi ia hanya berpenghasilan 3.000 rupiah. Maka wajib diberikan zakat kepadanya untuk menutupi kebutuhannya.

2.Al Masakin

Orang miskin berlainan dengan orang fakir. Ia tidak melarat, ia mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap, tapi dalam keadaan kekurangan, tidak mencukupi untuk menutupi kebutuhan dirinya dan keluarganya. Seumpama orang miskin adalah seumpama orang yang membutuhkan 10.000 rupiah, tapi ia hanya berpenghasilan 7.000 rupiah. Orang ini wajib diberi zakat sekadar untuk menutupi kekurangan dari kebutuhannya.

3.Al’amilin

Al’amilin merupakan amil zakat (panitia zakat), orang yang dipilih oleh imam untuk mengumpulkan dan membagikan zakat kepada golongan yang berhak menerimanya. Amil zakat harus memiliki syarat tertentu, yaitu muslim, akil dan baligh, merdeka, adil (bijaksana), mendengar, melihat, laki-laki dan mengerti tentang hukum agama. Pekerjaan ini merupakan tugas baginya dan harus diberi imbalan yang sesuai dengan pekerjaannya, yaitu diberikan kepadanya zakat.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan