Penguatan Kelompok Rumah Belajar: Analisa Usaha Pabrik Giling Padi Keliling

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pada tanggal 2 Juni 2017, bertempat di Sekretariat Rumah Belajar  Gampong Cot Baroh. CO PASKA Aceh bersama dengan pengurus dan anggota Rumah Belajar melakukan pertemuan rutin yang biasa dilakukan sebulan sekali, yang bertujuan untuk penguatan kelompok Rumah Belajar.

Pertemuan dihadiri oleh 22 orang anggota Rumah Belajar, diantaranya 11 orang anggota laki-laki dan 11 orang anggota perempuan. Sedangkan dari Team PASKA Aceh dihadiri oleh 4 orang. Adapun agenda pertemuan adalah membahas mengenai kepengurusan lahan Rumah Belajar dan menganalisa usaha pabrik giling padi keliling

Dari pertemuan didapatkan kesepakatan bahwa kelompok akan terus berkomitmen dan kompak untuk mengurus lahan rumah belajar dengan sisa dana yang telah didapatkan. Rencananya lahan akan dipergunakan untuk 2 bagian penanaman yaitu setengah untuk kacang tanah, setengah lagi untuk jagung. Peserta juga melakukan analisa kebutuhan kebun untuk rencana penanaman kacang tanah dan jagung, kemudian dilanjutkan dengan penganalisaan usaha pabrik giling padi keliling dan penetapan pengurus, pengelola, penanggung jawab dan pemantau kinerja pekerja untuk usaha pabrik giling padi keliling tersebut.

Dengan adanya usaha sampingan pabrik giling padi ini, diharapkan kelompok Rumah Belajar kedepannya dapat lebih kuat, ada rasa memiliki terhadap berkelompok,dan bisa meningkatkan perekonomian keluarga. Anggota bersepakat agar semua anggota Rumah Belajar beserta keluarga wajib menggunakan jasa penggilingan padi keliling Rumah belajar.

Sumber : paska-aceh.or.id

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan