Warga Cot Baroh Menunaikan Zakat

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Warga Gampong Cot Baroh berdatangan ke Meunasah Cot Baroh pada 30/04/2017 guna membayar zakat pertanian dan mengumpulkan padi pembangunan masjid yang diterima langsung oleh Tgk Imum Gampong Cot Baroh serta di dampingi oleh Keuchik Gampong Cot Baroh dan Safwaturrahman penggiat TIK Gampong dan sekarang Pj Sekretaris Gampong.

Warga Cot Baroh Menunaikan Zakat

Warga Cot Baroh Menunaikan Zakat

Seperti yang kita ketahui bersama zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib fardhu atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti salat, haji, dan puasa yang telah diatur secara rinci berdasarkan Alquran dan Sunah. Zakat juga merupakan sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia di mana pun, zakat terbagi atas dua jenis yakni zakat fitrah dan zakat harta.

Zakat fitrah adalah yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan sedangkan zakat harta adalah Zakat yang dikeluarkan seorang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.
Sebagian masyarakat telah menunaikan zakat begitu panen usai namun juga ada baru hari ini menyerahkan di karnakan tidak muat/cukup tempat penampungan padi zakat. hari ini masyarakat menyerahkan dan menerima bagi yag berhak.kepada masyarakat yang tidak sanggup membawa sendiri padi zakat dari rumah ke Meunasah panitia telah menyiapkan satu unit becak untuk menjemput zakat []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan