Kegiatan Majelis Taklim Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Majelis taklim sebagai salah satu bentuk organisasi dakwah sering disebut sebagai pusat pembelajaran Islam (Islamic learning institution). Sebagai pusat pembelajaran Islam, majelis taklim diakui telah menyumbangkan peran yang amat besar dalam mencerdaskan kehidupan umat, khususnya dalam pengajaran agama dan penguatan moral umat. Keberadaan majelis taklim di Gampong Cot Baroh telah membawa manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat, khususnya bagi anggota dan jamaahnya.

Kegiatan  Majelis Taklim Gampong Cot Baroh
Kegiatan Majelis Taklim Gampong Cot Baroh

Kegiatan taklim di Gampong Cot Baroh  diadakan setiap satu minggu sekali yaitu malam sabtu mulai dari setelah Shalat Mengrib s/d Shalat Insya, kegiatan ini dikuti oleh semua warga Gampong Cot Baroh dan warga gampong tetangga, kegiatan majelis taklim di pusatkan di meunasah Gampong Cot Baroh.

Adapun tujuan dari kegiatan majels taklim adalah untuk  adalah membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan sesuai atau serasi antara manusia dengan Allah, antara manusia dengan manusia lainnya, antara manusia dengan tempat tinggal sekitarnya atau lingkungan, dalam rangka meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT. Tujuan umum suatu majlis taklim adalah membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan serasi antara manusisa dengan Allah, sesama manusia, dan lingkungannya dalam membina masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT. Sedangkan tujuan khusus dari mjlis taklim adalah memasyarakatkan ajaran Islam.

Kegiatan  Majelis Taklim Gampong Cot Baroh
Kegiatan Majelis Taklim Gampong Cot Baroh

Untuk  kegiatan majels taklim Gampong Cot Baroh masuk dalam program  APBG tahun 2016 bidang pemberdayaan masyarakat dengan  dengan nama kegiatan pengajian majelis taklim, dengan dana anggaran Rp 9.746.000

Dasar Hukum Majelis Taklim Majelis taklim merupakan lembaga pendidikan diniyah non-formal yang keberadaannya di akui dan diatur dalam :

  1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
  2. Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tantang standar nasional pendidikan.
  3. Peraturan pemerintah nomor 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.
  4. Keputusan MA nomor 3 tahun 2006 tentang strutur departement agama tahun 2006.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan