Hari Kebenaran, di Pidie Didirikan Tugu Memorial Rumoh Geudong

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Peringati Hari Hak atas Kebenaran dan Martabat Korban Pelanggaran HAM, di Kabupaten Pidie didirikan Tugu Memorial Rumoh Geudong. Masyarakat dan korban konflik juga menggelar doa bersama mengenang Rumoh Geudong Pidie.

Hari Kebenaran, di Pidie Didirikan Tugu Memorial Rumoh Geudong
Hari Kebenaran, di Pidie Didirikan Tugu Memorial Rumoh Geudong

Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan PASKA Aceh, bekerja sama dengan Mukim Aron dan Ajar (Asia Justice and Rights). Kamis, 23 Maret 2017.

Seperti diketahui Rumoh Geudong di Gampong Bili Aron, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, merupakan bagian dari sejarah kelam Aceh. Tempat ini telah menjadi saksi bisu atas berbagai peristiwa kekerasan dan penyiksaan yang dialami masyarakat Aceh, di masa konflik dulu.

Rumah bersejarah tersebut kini tidak ada lagi, setelah dibakar massa tak lama setelah status Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh dicabut pada akhir tahun 1998.

Direktur Yayasan PASKA Farida Haryani mengatakan, hingga saat ini, para korban masih menanti negara untuk mengungkap kebenaran serta memenuhi rasa keadilan dan pemulihan, hak bagi mereka.

“Terbentuknya KKR (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi) di Aceh diharapkan bisa menjadi salah satu jawaban atas harapan yang selama ini tertunda,” katanya.

Memperingati hari kebenaran dan martabat korban pelanggaran HAM, di lokasi tersebut dilakukan peletakan batu pertama pembangunan tugu ‘Memorialisasi Rumoh Geudong’. Selain itu, di bekas pertapakan Rumoh Geudong juga ditampilkan pameran foto dan pemutaran video yang diberi tajuk “Taloe Keunangan”. []

Sumber : mediaaceh.co

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan