Bina Marga dan Cipta Karya Verifikasi Data RTLH di Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial. Untuk menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang baik maka harus dipenuhi syarat fisik yaitu aman sebagai tempat berlindung, secara mental memenuhi rasa kenyamanan dan secara sosial dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga, menjadi media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga. Dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar berupa rumah yang layak huni, diharapkan tercapai ketahanan keluarga.

Selasa 28 Februari 2017 kedatangan dua staf Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Pidie ke Gampong Cot Baroh dalam rangka melakukan verifikasi data rumah tidak layak huni (RTLH) di Gampong Cot Baroh. Sebelumnya Pemerintah Gampong Cot Baroh telah mengajukan permohonan rehab rumah tidak layak huni sebanyak 17 Unit.

Data tersebut akan dimasukan dalam sistem internet data rumah tidak layak huni Kementerian PU, data berdasarkan photo kondisi rumah, NIK dan data ini akan di verifikasi oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait, apa layak untuk menerima bantuan dan kedepannya bagi yang sudah mendapatkan bantuan tidak bisa lagi karena sudah ada data dalam internet, Ujar Staf Dinas Bina Marga dan Cipta Karya

Adapun rumah yang di verifikasi hari ini mencapai 16 Unit yaitu rumah Juariah Ahmad, Marzuki, M. Yusuf Mahmud, Fatimah Ismail, Hamdani, Iskandar Abdullah, Abdullah Arahman, Maimunah Ahmad, Ibrahim Isa, Tiainsyah Ibrahim, Jafar Arahman, Tihawa Ismail, Abdul Muthaleb, Lukman Juned, Halimah Hasan dan Maimunah Adam, satu unit tidak bisa dinaikan kerena masih tinggal di rumah orang tua (KK Gantung), semoga dari yang sudah di data mendapatkan rumah yang layak huni dan masih tersisa tiga unit lagi rumah tidak layak huni belum terdata semoga terpenuhi ditahun berikutnya.

Proses verifikasi  RTLH di dampingi langsung oleh Keuchik Gampong Cot Baroh Abdul Gani Hasan, Kaur Pemerintahan Marzuki Yusuf dan Safwaturrahman Operator Komputer merangkap dokumentasi gampong, sementara itu Safwaturrahman menanbahkan “Pemerintah Gampong menyambut baik atas langkah yang diambil oleh Dinas Bina Marga dan Cipta Karya, apabila program ini berhasil maka sudah berkurang RTLH di Gampong Cot Baroh, tinggal yang sisa tiga unit lagi”.[]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan