Masyarakat Gampong Cot Baroh  Gelar Kanduri Blang Keumaweuh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Diawali dari keinginan mengangkat adat budaya kenduri turun ke sawah yang secara turun temurun dilakukan, kenduri blang yang masih dilaksanakan hingga sekarang. Adat turun ke sawah ini merupakan tradisi bagi petani yang akan memulai menanam padi dan proses – proses setelah menanam padi.

Zaman dahulu, adat ke sawah yang akrab dikatakan kenduri blang ini merupakan tradisi yang harus dilakukan oleh sekelompok komunitas petani. Sebagai sebuah tradisi turun temurun, tentu dimungkinkan perbedaan seremoni adat tersebut antara zaman dulu dan sekarang tradisi tersebut masih melekat erat dengan warga Gampong Cot Baroh, Mukim Aron , Kecamtan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie.

Senin 22 Ferbruari masyarakat Gampong Cot Baroh yang notaben petani penggarab sawah mengadakan kanduri blang keumaweuh, kanduri tersebut dipimpin oleh tokoh gampong dan perangkat gampong, kanduri blang keumaweuh adalah kanduri pertanda pohon padi sudah mengandung benih biji padi yang akan bisa di panen lebih kurang dua bulan lagi.

Sebelum kanduri blang keumaweuh digelar ada beberapa kanduri blang lainya yaitu kanduri Tuu dan kanduri Neulop Paya Raoh yang dilaksanakan oleh Mukim dan kanduri blang di tingkat gampong yaitu  kanduri blang rah bijieh, kanduri blang seumula, kanduri blang toop blang dan diakhiri kanduri blang keumaweuh []

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan