Gampong Cot Baroh Menjadi Narasumber Pada Acara Kabupaten

GAMPONGCOTBAROH-DESA,ID – Sigli, Gampong Cot Baroh dipercayakan menjadi narasumber pada acara sosialisasi peraturan perundangan terkait pelaksana UUD Desa Nomor 6 Tahun 2014 dan penyerahan  pagu indikatif dana gampong tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Gampong di GOR alun alun Kota Sigli,  Senin 13 Februari 2017.

Muhammad Dahlan Gantoe atau akrab sapa Jans sedang memberikan materi presentasi

Muhammad Dahlan Gantoe atau akrab sapa Jans sedang memberikan materi presentasi

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Pidie H Amiruddin M Si, dalam sambutan H Amiruddin mengatakan, dengan terbitnya UU (undang undang) desa, terkait peraturan-peraturan pelaksanaannya menjadi sebuah harapan bagi gampong untuk bisa menentukan posisi, peran dan kewenangan untuk mewujudkan gampong yang mandiri, demokratis dan sejahtera.

“Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan UU Desa di kabupaten Pidie, maka dari itu pemerintah kabupaten memberikan perhatian penuh serta dukungan kepada Pemerintah Gampong dalam membangun dan mewujudkan masyarakat gampong yang islami dan sejahtera,” ujarnya. Serta penyerahan pagu indikatif dana gampong kepada 730 gampong yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Pidie.

Gampong Cot Baroh disini menajdi narasumber dalam hal barbagi praktik pengelaman pengelola Sistem Informasi Gampong atau lebih dikenal dengan sebuatan website gampong yang sudah merambah ke kancah Nasional, menjadi narasumber atas permitaan dari Kepala Dinas DPMG Kab.Pidie, dari Gampong Cot Baroh pemateri disi oleh Muhammad Dahlan Gantoe selaku pembina website Gampong Cot Baroh.

Website gampong adalah media untuk informasi gampong disana kita dapat menyajikan informasi penggunaan dana desa yang tranparansi dan akuntabel, informasi seputar gampong, promosi produk gampong dan lain lain sebagainya yang intinya website gampong itu positif untuk kemajuan gampong.

Muhammad Dahlan Gantoe sedang memperlihatkan model infografis dana desa

Muhammad Dahlan Gantoe sedang memperlihatkan model infografis dana desa

“Gampong Cot Baroh sendiri sudah ada website gampong sejak akhir 2013 sebelum UUD Desa No.6 disahkan, Gampong Cot Baroh juga menjadi bagian dari kegiatan advokasi rancnagan UUD Desa melalui konferensi video online (hangout) bersama Budiman Sudjatmiko dalam acara Konferensi Online Desa Indonesia atau KODI yang di gagas oleh Gerakan Desa Membangun dan beberapa kigiatan lainnya pernah di ikuti oleh Gampong Cot Baroh sampai mendapatkan Destika Awards, juara satu website gampong terbaik se Aceh atas penilaian Kmunitas Aceh Smart City, kini Cot Baroh memiliki fasilitas internet gratis hibah dari Kemenkominfo dan BP3TI melalui program sistem pengelolaan pembangunan desa, program kerja sama antara BP2DK (Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan) bersama (KSP) Kantor Satf Presiden” Ujar  Safwaturrahman selaku operator komputer sekaligus pengelola serta pencetus gampongcotbaroh.desa.id

Saat Serah Terima Vsat

Saat Serah Terima Vsat

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Gampong (DPMG) Kab. Pidie  mengatakan untuk tahun 2017  Website Gampong harus menjadi prioritas gampong-gampong, sebagai mana diperintahkan dalam UUD Desa No.6 Tahun 2014 pasal 86 dan Permendes No.22 Tahun 2016 Penetapan  Prioritas Penggunaan Dana Gampong tahun 2017, gampong-gampong di Kab. Pidie harus punya sistem Informasi layaknya Gampong Cot Baroh[]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan