KPA Gelar Khanduri Syuhada Korban Konflik di Gampong Cot Baroh

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Jajaran Komite Peralihan Aceh (KPA) Partai Aceh (Partai Lokal Aceh) Sagoe Teupin Raya Daerah III Wilayah Pidie menggelar khanduri syuhada dan sejumlah kegiatan lainya di Gampong Cot Baroh di antaranya doa dan zikir bersama di kompleks makam Tgk. Yahya bin Abdul Wahab serta kegiatan santunan anak yatim dari Gampong Cot Baroh dan Cot Tunong.

Tgk Yahya sendiri merupakan putra kelahiran Gampong Cot Baroh, dalam GAM menjabat sebagai wakil Panglima GAM Tgk. Abdullah Syafii, juga dikenal sebagai penasihat Panglima AGAM Komando Tiro Tgk Abdullah Syafiie. Tgk. Yahya syahit dalam sebuah serangan fajar yang dilakukan oleh aparat gabungan di kawasan Gampong Cot Baroh Kecamatan Glumpang Tiga pada Rabu 25 Oktober 2000, pasca insiden tersebut, masyarakat juga menemukan delapan mayat di areal sawah dan sungai Jimjiem Kecamatan Bandar Baru (kini Kabupaten Pidie Jaya) berjarak sekitar 4 kilometer dari lokasi kejadian, seperti yang diberitakan oleh Serambi Indonesia Kamis 26 Oktober 2000.

Calon Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah menyerahkan satunan anak yatim pada acara khanduri syudaha

Calon Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah menyerahkan satunan anak yatim pada acara khanduri syudaha

 

Total korban pada hari itu sebanyak 10 orang, kebanyakan dari mereka adalah masyarakat sipil yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian tani untuk mencari sesuap nasi untuk bertahan hidup,pada hari itu orang laki-laki banyak di tangkap jika didapati oleh aparat, yang lari di tembak, ini adalah salah satu bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di Aceh ketika konflik bersenjata melanda Serambi Mekkah.

Acara khanduri syuhada yang digelar pada 26 Desember 2016 berbarengan dengan 12 tahun bencana alam tsunami Aceh dihadiri oleh Ribuan warga dari kecamatan Glumpang Tiga dan Kabupaten Pidie pada umumnya.

“Kegiatan khanduri syuhada untuk mengenang jasa seluruh pejuang dan syuhada korban konflik aceh yang sudah mendahului kita, Jasa para pejuang GAM yang syahid di medan perang menjadi spirit bagi kita di seluruh nanggroe Aceh guna melanjutkan perjuangan di masa damai Aceh untuk kepentingan rakyat,” kata Ketua DPS PA Glumpang Tiga Mahfuddin Ismail, S.Pd.I., M.A.P. kepada GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID

Warga Cot Baroh sedang menyiapkan hidangan khanduri untuk menjamu para undangan

Warga Cot Baroh sedang menyiapkan hidangan khanduri untuk menjamu para undangan

 

Kamis (29/12/16) di jadwalkan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh akan ke Gampong Cot Baroh untuk melihat masalah terkait pelanggaran HAM masa lalu. 

Mahfuddin juga menambahkan, sudah 16 tahun lebih Tgk. Yahya pulang ke rahmatullah. “Kini menjadi kewajiban kita untuk melanjutkan perjuangan beliau bagi kepentingan rakyat Aceh,” kata Ketua Komisi A (bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Keamanan) DPRK Pidie.

Acara yang dipusatkan di kompleks meunasah Gampong Cot Baroh, Mukim Aron Kec. Glumpang Tiga, itu dihadiri Ketua DPW PA Pidie yang juga calon Bupati Pidie H. Sarjani Abdullah, calon Wabup M. Iriawan, S.E., pimpinan DPRK dan sebagian besar anggota DPRK Pidie. Selain itu, pimpinan parnas di Pidie, sejumlah anggota DPRA, Ketua KPA Wilayah Pidie Tgk. Muhammad AR, petinggi KPA Pidie Waled Abubakar Barieh, tokoh AM tahun 1976 Abu Muslimin yang juga warga cot baroh, sejumlah eks-Tripoli seperti M. Nasir Usman, Muhammad Husen Ibrahim, jajaran KPA Sagoe Teupin Raya, DPS PA Glumpang Tiga, dan unsur Pemerintah Pidie.[]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan