Warga Diminta Segera Lengkapi Administrasi Kependudukan

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Berdasarkan surat edaran dari Camat Kecamatan Glumpang Tiga tanggal 24 November 2016 untuk menginformasikan hal –hal yang berkaitan dengan kependudukan.
  • Menginformasikan kepada penduduk yang telah melakukan perekaman KTP, tapi belum mendapakan KTP Elektronik agar segera meminta surat keterangan pengganti KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie.
  • Bagi Penduduk yang belum perekaman KTP Elektronik untuk segera melakukan perekaman ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk dibuatkan KTP el atau surat keterangan pengganti KTP Elektronik
    Bagi penduduk yang belum terdata dalam database Kependudukan atau dalam buku induk pendudukan (BIP) agar segera melakukan pencatatan biodata pada Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk dikeluarkan surat keterangan telah terdata dalam database kependudukan terutama sekali bagi pemilih pemula yang pada hari pemungutan suara berusia 17 tahun.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia segera merekam data diri mereka dan membuat KTP Elektronik (KTP-El). Hingga pertengahan Agustus 2016 lalu, baru 161 juta penduduk atau 88 persen yang sudah merekam data dirinya, sejak program menuju single identity diluncurkan pada bulan Februari 2011. Sisanya, masih ada sekitar 22 juta penduduk yang belum merekam data dirinya.

Padahal, sesuai dengan Perpres No.112 Tahun 2013 bahwa KTP Non Elektronik sudah tidak berlaku lagi sejak 31 Desember 2014. Mulai 1 Januari 2015 penduduk sudah harus menggunakan KTP Elektronik (KTP-el).

Alur Pembuatan KTP Elektronik
Alur Pembuatan KTP Elektronik

“Hal ini begitu penting karena kelak semua pelayanan publik akan berbasis NIK dan KTP-el. KTP itu seperti ‘nyawa’ penduduk, karena segala urusan mulai dari membuat SIM, BPJS, mengurus akta nikah, semua membutuhkan data KTP-el,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, (22/8). Bagi penduduk yang belum melakukan perekaman, Kemendagri memberikan perhatian khusus dan memberikan kemudahan-kemudahan, terlebih saat ini semua data dan titik-titik pelayanan di daerah sudah terkoneksi dengan Data Center (DC) di pusat. (admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan