Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID –   Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati oleh pada tanggal 12 Rabiul Awal, untuk tahun 1938 H jatu pada tanggal 12 Desember 2016, Keunduri Maulid sudah menjadi tradisi dalam masyarakata Aceh. 

Musyawarah Penentuan Tanggal Maulid 1438 H yang di pimpin oleh Keuchik Gampong Cot Baroh

Dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut yang disebut dengan bulan maulid atau dalam bahasa Aceh disebut maulod, yaitu padabulan Rabiul Awal disebut dengan Maulod Awai (Maulid Awal) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal. Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut dengan Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut.

Bulan-bulan Maulid Nabi Muhammad SAW di kalender Aceh

Maka sebelum tibanya tanggal 12 Rabiul Awal para perangkat gampong bermusyawarah untuk menentukan kapan tanggal dan hari yang tepat untuk dilakukan kanduri maulid, jadwal ini bertujuan untuk mengatasi jadwal yang sama dengan gampong-gampong lain dalam satu kemukiman atau wilayah.

Gampong Cot Baroh sendiri akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 8 Januari 2017 bertempatan dengan 11 Rabiul Akhir sesuai dengan keputusan musyawarah penentuan tanggal maulid 1438 H (21/11/16) di Meunasah Gampong Cot Baroh. (admin)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan