Masyarakat Mukim Aron Gelar Kanduri Tuu

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Masyarakat Mukim Aron yang terdiri dari sembilan Gampong yaitu Cot Baroh, Cot Tunong, Krueng Jangko, Simpang, Amud Mesjid, Amud Reudeup Meulayu dan Panjoe mengelar Kanduri Tuu yaitu kanduri blang turun ke sawah untuk masa garap tahun 2016 – 2017 (09-05-16) yang dihadiri oleh seluruh aparatur gampong se Mukim Aron, Muspika Kec. Glumpang Tiga dan para petani penggarap sawah.

Masyarakat Mukim Aron Gelar Kanduri Tuu

Masyarakat Mukim Aron Gelar Kanduri Tuu

Kanduri Tuu dipusatkan di Gampong Bili Aron sebab di gampong ini terdapat Makam seorang Ulama atau Teungku yang dikenal oleh masyarakat Mukim Aron dengan sebutan Tuu Aron, Tuu Aron dengan nama aslinya yaitu Alm. Tgk. Syeh Ahmad Qursyasyi yang berasal dari Arab Quraisy.

Menurut cerita dari orang tua gampong di Kemukiman Aron bahwa Tgk. Syeh Ahmad Qursyasyi  adalah orang yang pertama sekali menetap di Mukim Aron dan membuat persawahan yang pada saat itu perkampungan masih dipenuhi sema bulukar yang lebat sehingga Tgk Syeh dikenal dengan sebutan Tuu atau nenek moyang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya sendiri terdapat tiga Tuu yaitu Tuu Aron, Tuu Glumpang Payong dan Tuu Pante Raja di Pidie Jaya.

Adapun agenda untuk masa garap 2016 -2017 yang telah dijadwalkan oleh Imum Mukim Aron adalah sebagai berikut, masa akhir batas tembus tanah sawah yang dipergadaikan berakhir pada tanggal 26 September 2016, pembersihan saluran irigasi atau limeuh lueng 27 September s/d 1 Oktober 2016,  pertengahan bulan Oktober sudah dimulai garap sawah dan satu minggu kemudian persemain benih padi, 10 hari umur benih padi sudah bisa diadakan kanduri blang seumula (kanduri tanam padi)di gampong setiap gampong, Ujar Imum Mukim Aron H. Ahmad Yacop.

Imum Mukim Aron menambahkan kepada seluruh masyarakat Mukim Aron untuk sama-sama menjaga ketertiban terutama masalah air untuk persawahan, masyarakat atau petani harus mengikuti jadwal pembagian air sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.(redaksi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan