Gampong Tidak Akan Maju, Jika Sekretaris Gampong Tak Paham TUPOKSI

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Kemajuan Gampong sangat tergantung dari bagaimana kemampuan gampong dalam mengelola APBG. Peranan sentral Sekretaris Gampong (Sekdes) sebagai administrator APBG, cukup penting. “Gampong tidak akan maju dan berkembang kalau Sekgam tak paham tugas, tanggung jawab dan fungsinya.

Abdullah M. Yusuf Sekrtaris Gampong Cot Baroh (Foto Bersama Pak Camat Glumpang Tiga  Bapak T.Daud SE)
Abdullah M. Yusuf Sekrtaris Gampong Cot Baroh (Foto Bersama Camat Glumpang Tiga Bapak T.Daud SE)

Sekretaris Gampong adalah pembantu keuchik selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan gampong. Selaku koordinator pengelolaan keuangan gampong, sekgam mempunyai tugas-tugas, antar lain, sebagai berikut:

  • Menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan APBG,
  • Menyusun dan melaksanakan kebijakan pengelolaan barang Gampong,
  • Menyusun Rancangan APBDesa dan Rancangan Perubahan APBG,
  • Menyusun Raperdes APBG,
  • Perubahan APBG, dan
  • Membuat Pertanggungjawaban APBG
  • Melaksanakan tugas-tugas lainnya berdasarkan kuasa yang dilimpahkan oleh Keuchik Gampong

“Beberapa persoalan pun akan muncul ketika Sekretaris Gampong tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya, akibatnya gampong tidak akan maju dan berkembang, dan lebih dari itu, tentunya harapan besar dari masyarakat pun akan kandas”.

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan gampongyang baik (good and clean governance), Sekretaris gampong mempunyai beban tugas membantu Keuchik Gampong di bidang administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh perangkat Pemerintah Gampong dan masyarakat.

Seorang Sekretaris Gampong dituntut untuk memiliki jiwa akuntabel yang berarti bertanggung jawab dalam mengelola administrasi gampong sesuai dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Sosok Sekgam yang diharapan, seseorang yang mampu menjalankan fungsi administrator dengan penuh tanggung jawab, jujur, tidak melakukan penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangannya, agar pemerintah gampong selalu dihormati dan dipercaya oleh masyarakat

Keberadaan Sekretaris Gampong  yang mampu dan memahami tugasnya akan mendukung terciptanya transparansi keuangan gampong, karena dengan transparansi keuangan gampong akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah gampong.

Keberadaan Sekretaris Gampong yang mampu dan memahami tugasnya akan mendukung terciptanya transparansi keuangan gampong, karena dengan transparansi keuangan gampong akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah gampong.

Oleh karena itu, seorang Sekretaris Gampong  dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus memahami dan memiliki pengetahuan, tentang:

  1. Tata cara membuat naskah gampong;
  2. Tata cara membuat persuratan pemerintah gampong;
  3. Memiliki pemahaman tentang administrasi gampong dan kearsipan;
  4. Memiliki keterampilan dalam penyusunan produk hukum gampong (Qanun/Reusam Gampong);
  5. Memiliki keterampilan dalam penyusunan RPJMG;
  6. Memiliki keterampilan dalam penyusunan RKP-Gampong;
  7. Memiliki keterampilan dalam perencanaan dan penganggaran keuangan gampong;
  8. Memahami pelaksanaan keuangan gampong;
  9. Memiliki keterampilan dalam penatausahaan keuangan gampong;
  10. Memiliki keterampilan dalam pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan gampong;
  11. Memiliki keterampilan dalam penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan gampong.
  12. Dan lain-lain sebaginya

“Idealnya jabatan Sekdgam tidak bisa dimiliki sembarang orang. Jabatan ini dinilai cukup prestisius di kalangan masyarakat level gampong. Di tingkat kabupaten, jabatan ini seperti Sekretaris Daerah (Sekda)”.

Diolah dari berbagai sumber/admin.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan