Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1437 H

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Senin 12 September 2016 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1437 H, masyarakat Gampong Cot Baroh melaksanakan qurban sebagaimana perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS,  cerita qurban dari Nabi Ibrahim AS bermula ketika ia mengalami mimpi yang terjadi secara berturut-turut. Dalam mimpi tersebut, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putera kesayangannya, Ismail. Ismail merupakan putera semata wayang dari Nabi Ibrahim yang sangat disayangi serta ditunggu selama bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Hati Ibrahim sangat gundah gulana memikirkan mimpi yang telah dialaminya tersebut. Ismail adalah sosok anak yang penurut, patuh kepada orangtua dan perintah Allah. Selain itu, Ismail juga merupakan anak yang ceria dan memiliki pemikiran yang cerdas.

Pada 10 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim dan puteranya pergi ke tanah lapang untuk menjalankan perintah Allah tersebut. Agar Ismail tidak merasakan sakit ketika disembelih, Ibrahim mempersiapkan pedang yang diasah dengan sangat tajam. Dalam perjalanan menuju tempat penyembelihan, setan terus menggoda Ibrahim dan Ismail untuk membatalkan perintah Allah tersebut. Setan menggoda Nabi Ismail dengan mengatakan bahwa Nabi Ibrahim hanya membawa ia untuk dibunuh. Namun, mengingat Nabi Ismail sudah diangkat menjadi Nabi, ia tidak gentar dan berkata bahwa dirinya siap untuk melakukan perintah Allah SWT.

Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1437 H

Di luar dugaan, ternyata Nabi Ismail sudah benar-benar siap untuk disembelih oleh ayahnya. Ia merasa siap karena itu merupakan perintah dari Allah SWT. Bahkan Ismail meminta ayahnya untuk menutup wajahnya agar nabi Ibrahim tidak merasa iba ataupun ragu untuk melaksanakan perintah dari Allah SWT. Kemudian, Ismail juga meminta nabi Ibrahim untuk menajamkan pedangnya serta memberikan beberapa wasiat jika ia telah meninggal nantinya. Karena mendengarkan perkataan serta permintaan nabi Ismail tersebut, nabi Ibrahim mengatakan bahwa nabi Ismail adalah kawan terbaik dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT.

img_1129

Namun, ketika nabi Ibrahim mulai menggoreskan pedangnya, pedang tersebut selalu terpental. Ismail kemudian berkata bahwa dirinya ingin tali pengikat yang ada di tangan dan kakinya dilepas. Hal itu dilakukan agar malaikat dapat menyaksikan bahwa ia taat kepada Allah SWT. Peristiwa yang terjadi selanjutny adalah peristiwa tradisional yang menjadi sejarah hari raya Idul Adha (hari Raya Qurban) yaitu ketika nabi Ismail ditukar dengan seekor domba oleh Allah SWT.

img_1182

Menurut riwayat, seekor domba yang ditukar oleh Allah SWT merupakan domba qurbanya Habil putra Nabi Adam yang telah disimpan oleh Allah dalam syurga selama 2000 tahun, qurban pernah pertama sekali terjadi dimuka bumi pada masa Nabi Adam seperti di sebutkan dalam Al Qur’an surat  Al-Ma’idah[5] : 27) yang artinya  “Dan ceritakanlah (Muhammad) yang sebenar-benarnya kepadamerekatentang kisah kedua putra Nabi Adam1, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil/Abel) diterima dan dari yang lain (Qabil/Cain)tidak diterima. Dia (Qabil/Cain) berkata, ‘Sesunggu, aku pasti membunuhmu!’ Dia(Habil/Abel) berkata ‘Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertaqwa”

Pada tanggal 10 Dzulhijjah tahun ini masyarakat Gampong Cot Baroh menyembelih hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing, prosesi dilangsungkan di Komplek Meunasah Gampong Cot Baroh, yang dihadiri oleh seluruh warga Gampong Cot Baroh, penyembelihan itu sendiri dimulai jam 9 pagi usai Shalat Idul Adha, pembagian daging kurban dibagikan kepada yang berhak menerima yaitu fakir dan miskin ujar Sekretaris Gampong Cot Baroh.

img_1174

Sementara itu, Tgk Imum Gampong Cot Baroh mengucapkan terima kasih kepada yang telah berqurban pada tahun ini dan diharapkan tahun depan akan banyak lagi warga yang berqurban, karena dengan qurban tersebut dapat membantu kita di yaumil akhir kelak.

img_1186

Di lain kesempatan, sekretaris Gampong Cot Baroh Abdullah Yusuf mengatakan ” Dengan momentu qurban yang mengambarkan kisah perjalanan Agung Nabi Ibrahim AS  bersama keluarganya, harus menjadi sprit kita dalam membangun Gampong Cot Baroh yang maju dalam segala bidang salah satunya adalah membangun Pemerintah Gampong Cot Baroh yang baik dan bersih (Good and Clean Governance) dan saya mengwakili Pemerintah Gampong Cot Baroh mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1437 H, Bagi warga Gampong Cot Baroh Ban Sigom Donya (Red: dibelahan dunia) Minal Aidin Wal Faidin, Mohon  Maaf Lahir dan Batin

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan