Azas Pengelolaan Keuangan Gampong, Aparat Gampong Wajib Paham

GAMPONGCOTBAROH.DESA.ID – Pengelolaan Keuangan Gampong harus dapat dipertanggungjawabkan baik dari aspek hukum, administrasi, maupun moral. Ketiga aspek ini akan dapat dipenuhi apabila azas-azas Pengelolaan Keuangan Gampong diwujudkan secara baik dan benar oleh Keuchik Gampong (Kades) bersama perangkatnya.

Rapat Gp

Rapat Pembangunan Gampong Cot Baroh TA 2015

4 Azas Pengelolaan Keuangan  Gampong, sebagai berikut:

1. Azas Partisipasi
Pengelolaan keuangan gampong harus membuka ruang bagi masyarakat untuk mencermati laporan pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Gampong. Penyampaian laporan pertanggungjawaban Dana Gampong dilakukan dalam Musyawarah Gampong.

2. Azas Transparansi
Pemerintah Gampong berkewajiban menginformasikan secara terbuka Laporan Realisasi Dana Gampong dan Pelaksanaaan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG). Penyampaian laporan dilakukan secara tertulis dan dibacakan dalam forum Musyawarah Gampong.

Pengelolaan Dana Gampong juga harus dapat diketahui oleh warga gampong. Media yang dipergunakan harus efektif dan mudah diakses. Seperti papan informasi gampong, website gampong media lainnya. (baca juga Keuchik Wajib Memberikan Informasi Kegiatan Gampong Kepada Masyarakat)

3. Azas Akuntabel
Pemerintah Desa berkewajiban membuat/menyusun laporan penggunaan Dana Gampong sesuai format yang telah ditetapkan.

Laporan pertanggungjawaban merupakan hasil pembahasan dengan Badan Permusyawaratan Desa( Tuha Peut). Dalam pembahasan dapat melibatkan warga desa yang memiliki pengetahuan dan paham terkait Pengelolaan Keuangan Gampong atau Keuangan Negara.

Pemerintah Gampong berkewajiban menyampaikan laporan dana desa kepada Bupati/Walikota sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh masing-masing daerah.

“Laporan semester pertama paling lambat pada akhir bulan Juli tahun berjalan. Sedangkan untuk laporan semester kedua paling lambat pada akhir bulan Januari tahun berikutnya”. (baca juga Pembangunan Gampong Cot Baroh Tahun 2016 Dana Desa )

4. Azas Tertip dan Disiplin Anggaran
Pelaporan Dana Desa dilakukan pada tepat waktu. Data yang disajikan dalam laporan harus konsisten dan sesuai dengan bukti yang sah.

Ingat kita ingat-ingat..! Bahwa Penggunaan Dana Desa pasti akan di audit. Baik terhadap proses pelaksanaan kegiatan, penataan administrasi maupun audit terhadap Pengelolaan Keuangan Desa. [Disadur dari berbagai referensi]

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan